Pengaruh Manajemen Pendidikan Islam Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Perilaku Keagamaan Siswa (Studi Kasus di SMP Plus Qurrota A’yun Samarang Garut)
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk: untuk mengkaji pengaruh Manajemen Pendidikan Islam terhadap Kinerja Guru dalam mewujudkan Perilaku Keagamaan Siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian adalah di SMP Plus Qurrota A'yun Samarang Garut dengan jumlah responden sebanyak 68 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil pengujian hipotesis utama: Terdapat Pengaruh Manajemen Pendidikan Islam terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Perilaku Keagamaan Siswa, dengan pengujian analisis jalur. Selanjutnya untuk mengetahui lebih lanjut pengaruh variabel Manajemen Pendidikan Islam (X) berpengaruh terhadap Kinerja Guru (Y) dan Perilaku Keagamaan Siswa (Z) maka dilakukan pengujian, yaitu dengan melihat perbandingan antara thitung dan ttabel. Berdasarkan pengujian diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu thitung = 6,7380 > ttabel = 1,998. Dari nilai tersebut diperoleh keputusan H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga variabel Manajemen Pendidikan Islam (X) berpengaruh terhadap Kinerja Guru (Y) dan Perilaku Keagamaan Siswa (Z). Signifikansi nilai hasil pengujian di atas didukung pula oleh besaran nilai determinasi (R2YZX) sebesar 0,4112. yang juga menunjukkan besarnya kontribusi Manajemen Pendidikan Islam terhadap Kinerja Guru dalam mewujudkan Perilaku Keagamaan Siswa yaitu sebesar 41,12%, sedangkan sisanya sebesar 0,5888 atau sebesar 58,88% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model.
References
Ahmad Thib Raya, Siti Musdah Mulia, 2003. Menyelami Seluk Beluk Ibadah dalam Islam, Jakarta: Prenada Media
Dahlan, M. Djawad. 2010, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Departemen Agama. 2009, Al-Qur'an dan Tafsirnya, Jakarta: Departemen Agama RI Dhofier, Zamakhsyari. 2010, Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kiayi. Jakarta: LP3S.
Fahd, Raja. 2000, Al-Qur'an dan Terjemahnya, Madinah al-Munawwaroh: Mujamma' Malik Fahd
Ijudin & Nenden M., 2018, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari
Ijudin & Nenden M., 2018, Pendidikan Agama Islam, Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Imam Muslim. T.th, Shahih Muslim, Mauq'ul Islam, CD Maktabah As-Syamilah Iskandar, Jusman. 2017, Perilaku Manusia dalam Kelompok dan Organisasi, Bandung:Puspaga Bandung
Marno & Triyo. 2013, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: PT. Refika Aditama
Martoyo, Susilo, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE
Nata, Abudin. 2012, Manajemen Pendidikan (Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia), Jakarta: Prenadamedia Group
Nawawi, Imam. Syarh al-Arba'in Hadits al-Nawawiyah. s.l. : PDF File.
Qamaruddin & Dahlan. 1990, Al-Amin "Al-Qur'an Terjemah Sunda, Bandung: Diponegoro
Qomar, Mujammil, 2010, Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrtisasi Institusi, Jakarta: Erlangga.
Ramayulis, 2015. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarat: Kalam Mulia
Sagala, Syaiful, 2011, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Sochib, Muh. 2010. Pola Asuh orang tua (dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri sebagai pribadi yang berkarakter). Jakarta: Rineka Cipta.
Sumiati, Arsa, 2014. Metodologi Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima.
Taher, Thahroni. 2013, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Depok: PT. Rajagrapindo Persada
WJS. Purwadarminta, 2010, Kamus Umum Bahasan Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka Zubaedi. 2015, Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana.
Copyright (c) 2021 Saepudinil Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.