Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan Madrasah
Abstract
Latar belakang yang terdapat pada penelitian ini didasarkan pada adanya permasalahan pada mutu pendidikan di MA Ciwangi Limbangan dan MA Sunan Rahmat Limbangan yang disebabkan antara lain oleh kinerja guru yang belum optimal, serta kepemimpinan kepala madrasah yang perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan mutu pendidikan. Dalam hal ini, metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penelitian tersebut. Kemudian populasi dalam penelitian adalah sebanyak 47 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling sensus. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi serta studi lapangan, yang terdiri dari observasi, angket dan wawancara. Hipotesis penelitian tersebut dijawab oleh teknik analisis data dalam model analisis jalur (path analysis).
References
Iskandar, J. (2016). Metode Penelitian Sosial. Puspaga.
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Sani, R. A., Pramuniati, I., & Mucktiany, A. (2015). Penjaminan mutu sekolah. Bumi Aksara.
Supardi, S. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Umar, Y. (2016). Manajemen Pendidikan Madrasah Bermutu. In Bandung: Refika Aditama.
Copyright (c) 2022 Lutfi Fauzi Romdoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.