Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan Madrasah

  • Ijudin Ijudin Universitas Garut
  • Ummu Salamah Universitas Garut
  • Lutfi Fauzi Romdoni Romdoni

Abstract

Latar belakang yang terdapat pada penelitian ini didasarkan pada adanya permasalahan pada mutu pendidikan di MA Ciwangi Limbangan dan MA Sunan Rahmat Limbangan yang disebabkan antara lain oleh kinerja guru yang belum optimal, serta kepemimpinan kepala madrasah yang perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan mutu pendidikan. Dalam hal ini, metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penelitian tersebut. Kemudian populasi dalam penelitian adalah sebanyak 47 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling sensus. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi serta studi lapangan, yang terdiri dari observasi, angket dan wawancara. Hipotesis penelitian tersebut dijawab oleh teknik analisis data dalam model analisis jalur (path analysis).

References

Hartono, H. (2013). Konsep Belajar Dan Pembelajaran Menurut Qs. An-Nahl: 78. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(2), 311–326.
Iskandar, J. (2016). Metode Penelitian Sosial. Puspaga.
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Sani, R. A., Pramuniati, I., & Mucktiany, A. (2015). Penjaminan mutu sekolah. Bumi Aksara.
Supardi, S. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Umar, Y. (2016). Manajemen Pendidikan Madrasah Bermutu. In Bandung: Refika Aditama.
Published
2022-04-09

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>