Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Mutu Pembelajaran

  • Rahmat Hidayat Universitas Garut
  • Ijudin Ijudin Universitas Garut
  • Ummu Salamah Universitas Garut

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tentang untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam mewujudkan mutu pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan tehnik survey. Populasi yang dijadikan sampel atau responden dalam penelitian ini sebanyak 57 orang guru di SMP Plus Hidayatul Muttaqin Garut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di SMP Plus Hidayatul Muttaqin Garut, dengan jumlah responden sebanyak 57 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif secara signfikan terhadap kinerja guru dalam mewujudkan mutu pembelajaran. Adapun pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap mutu pembelajaran. Kinerja guru memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap mutu pembelajaran.

References

Barnawi. (2012). Kinerja Guru Professional, Jogjakarta, Ar-ruzz media
Iskandar, Jusman. (2015). Metode Penelitian Administrasi. Puspaga. Bandung
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 3(1), 47-56.
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 27-36.
Ramdhani, M. A., & Muhammadiyah, H. (2015). The Criteria of Learning Media Selection for Character Education in Higher Education. International Conference of Islamic Education in Southeast Asia. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ramdhani, M. A., & Ramdhani, A. (2014). Verification of Research Logical Framework Based on Literature Review. International Journal of Basic and Applied Science, 3 (2), 11-19.
Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna pembelajaran, Bandung : Alfabeta
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta, Kencana Prenada Media Grup.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakaraya. Bandung
Sulistyorini. (2011). Memahami Konsep Kinerja Guru. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Sumiati dan Asra. 2014. Metode Pembelajaran. CV. Wacana Prima, Bandung
Sumiati dan Asra. 2014. Metode Pembelajaran. CV. Wacana Prima, Bandung
Syaodih, Nana. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Umiarso. (2011). Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta: PT. Remaja Rosdakarya
Wahjosumidjo. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Published
2022-03-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>