Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan SD IT terhadap Komunikasi Guru dengan Orang Tua Siswa dalam Mewujudkan Partisipasi Orang Tua Siswa pada Pelaksanaan Program Pembelajaran Keagamaan

  • Nahdi Hadiyanto Universitas Garut
  • Rian Permana Universitas Garut
  • Jusman Iskandar Universitas Garut
Keywords: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan SD IT, Komunikasi Guru Dengan Orang Tua Siswa, Partisipasi Orang Tua Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pelaksanaan kebijakan Pendidikan SD IT terhadap komunikasi guru dengan orang tua siswa dalam mewujudkan partisipasi orang tua siswa pada pelaksanaan program pembelajaran keagamaan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian adalah di SD IT Siliwangi Leles Garut dengan jumlah responden sebanyak 134 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan kebijakan Pendidikan SD IT berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Komunikasi guru dengan orang tua siswa dalam mewujudkan partisipasi orang tua siswa pada pelaksanaan program pembelajaran keagamaan. Artikel ini berkesimpulan bahwa partisipasi orang tua siswa pada pelaksanaan program pembelajaran keagamaan dapat terwujud dengan baik yaitu dengan terjalinnya komunikasi guru dengan orang tua siswa yang optimal dan pelaksanaan kebijakan Pendidikan SD IT yang efektif dan efisien.

References

Alifuddin, M., 2011. Kebijakan Pendidikan Nonformal: Teori, Aplikasi dan Implikasi. Jakarta: Magnascript Publishing.
Amin, A. S. & Ramdhani, M. A., 2006. Konfigurasi Model untuk Sistem Pendukung Keputusan. Majalah Ilmiah Ekonomi Komputer, 16(1), pp. 11-19.
Dwiningrum, S. I. A., 2015. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fattah, N., 2014. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Harapan, E. & Syarwani, A., 2016. Komunikasi Antar Pribadi Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Iriantara, Y. & Syarifudin, U., 2013. Komunikasi Pendidikan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Iskandar, J., 2016. Metoda Penelitian Sosial. Bandung: Puspaga Bandung. Iskandar, J., 2016. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Puspaga.
Iskandar, J., 2017. Perilaku Manusia Dalam Kelompok dan Organisasi. Bandung: Puspaga.
Mahfud, C., 2016. Politik Pendidikan Islam Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Pasca Orde Baru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Marno & Supriyatno, T., 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT. Refika Aditama.
Nugroho, R., 2008. Kebijakan Pendidikan yang Unggul. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ramayulis, 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramdhani, A., Ramdhani, M. A. & Amin, A. S., 2014. Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 3(1), pp. 47-56.
Ramdhani, M. A. & Ramdhani, A., 2014. Verification of Research Logical Framework Based on Literature Review. International Journal of Basic and Applied Science, 3(2), pp. 11-19.
Riduan, 2016. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfa Beta.
Rodliyah, S., 2013. Partisipasi Masyarakat dalam pengambilan keputusan dan perencanaan di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saefullah, U., 2014. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Sagala, S., 2013. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung : Alfa Beta.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kualitatif,kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Syafaruddin, 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Tambak, S., 2013. Pendidikan Komunikasi Islami, Pemberdayaan Keluarga Membentuk Kepribadian Anak. Jakarta: Kalam Mulia.
Widodo, S. E., 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2022-04-04

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>