Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum 2013 Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa

  • Ijudin Ijudin Universitas Garut
  • Muhammad Ali Ramdhani UIN Sunan Gunung Djati
  • Yeni Nuraeni Universitas Garut

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mengkaji pengaruh pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 terhadap kinerja guru untuk mewujudkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di SMP dan SMA Islam Terpadu Baitul Hikmah Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut, dengan jumlah responden 44 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru untuk mewujudkan prestasi belajar siswa. Adapun hasil pengujian sub-sub hipotesis menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Pengaruh pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

References

Alifuddin, M. (2011). Kebijakan Pendidikan Nonformal; Teori, Aplikasi dan Implikasi. Jakarta: MGNAScript Publishing.
Darajat, Zakiah. 2004, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, P. D. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Iskandar, J. (2018). Metoda Penelitian. Bandung: Puspaga.
Mulyasa, 2007. Standar Kompetensi Sertifikasi Guru (Bandung: Remaja Rosda Karya)
Tu'u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Azkia Muharom. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah.
Rikha Salfita (2018) Pengaruh Implementasi Kebijakan Kurikulum terhadap KinerjaGuru dalam Mewujudkan Capaian belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Universitas Garut
Wijaya, C., & Ruslan, T. (2003). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Published
2022-03-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>