Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Rencana Kegiatan Dan Anggaran Madrasah Terhadap Manajemen Anggaran Kegiatan Madrasah Untuk Mewujudkan Efektifitas Penggunaan Anggaran Madrasah (Studi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut)

  • Suhana Suhana Universitas Garut
  • Endang Soetari Ad Universitas Garut
  • Ijudin Ijudin Universitas Garut

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji status pelaksanaan rencana kegiatan seminari dan kebijakan anggaran untuk pengelolaan anggaran kegiatan seminari, guna mewujudkan penggunaan anggaran seminari secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik penelitian, wawancara, observasi, dan penelitian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah statistik dengan menggunakan model analisis jalur. Populasi dan responden dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru madrasah Arya Negeri Garut yang berjumlah 73 orang. Dalam penelitian ini ditemukan sejumlah temuan permasalahan penting, yaitu Variabel Pelaksanaan Kebijakan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (X) terdapat temuan bahwa dalam sisi komunikasi, Bendahara, Operator, Guru, Komite dan Orang tua siswa masih belum memahami kebijakan secara keseluruhan, sehingga berpengaruh terhadap tidak berjalannya Pelaksanaan Kebijakan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah secara optimal. Pada variabel Manajemen Anggaran Kegiatan Madrasah (Y) terdapat temuan permasalahan yakni dalam perencanaan pembiayaan, ditemukan anggaran untuk kegiatan akademik dan non akademik masih kurang. Pada variabel Efektifitas Penggunaan Anggaran Madrasah (Z) terdapat temuan bahwa Kerja sama antara Kepala Madrasah, Tim Pengelola Bantuan Operasional Sekolah dan Tim pelaksana kegiatan dilapangan masih kurang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kunci dari analisis jalur uji yaitu dalam mencapai pemanfaatan anggaran madrasah yang efektif, berdampak pada implementasi rencana aksi dan kebijakan anggaran madrasah terhadap pengelolaan anggaran aksi madrasah. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel , yaitu thitung = > ttabel = . Dari nilai tersebut, kemudian dapat diperoleh kesimpulan statistik yaitu bawa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga variabel Pelaksanaan Kebijakan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (X) berpengaruh positif terhadap Manajemen Anggaran Kegiatan Madrasah (Y) untuk mewujudkan Efektifitas Penggunaan Anggaran Madrasah (Z).

References

Ahmad Jaenudin, Suroto: Analisis Pengelolaan Dan Pengawasan Keuangan Sekolah di SD Negeri Se-Kecamatan Way, Universitas Sebelas Maret.
Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 04 No. 01 (2020): 94-106 Available online at https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/index
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).
MA, Ramdhani, A Ramdhani: Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik, Program Studi Administrasi Publik, Universitas Garut Program Studi Teknik Informatika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, ISSN 1412-7083
Nuryeti, Yeti. (2018, 2.1: 94-104) Pengaruh Implementasi Kebijakan terhadap Manajemen Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah dalam Mewujudkan Efektivitas Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran Keuangan Madrasah. Khazanah Akademia.
Nuryasin, M., & Mitrohardjono, M. 2019 4(2), 77-84. Strategi Perencanaan Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia, Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam
Suhartini, Heni. (2017, 1.01: 71-81) Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Terhadap Manajemen Madrasah dalam Mewujudkan Efektifitas Penggunaan Anggaran Dana Madrasah. Khazanah Akademia.
Pidarta, M. (2016). Manajemen Pendidikan dalam Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2).
Feiby Ismail, Nindy Sumaila: Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, Sulawesi Utara, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 5, Nomor 1, Mei 2020
Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan Kualitas sekolah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Pusvitasari, R., & Sukur, M. (2020). Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan (Studi kasus di SD Muhammadiyah 1 Krian, Sidoarjo). AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 94-106.
Jamaluddin Iskandar: Implementasi Sistem Manajemen Keuangan Pendidikan, fakultas tarbiyah dan keguruan uin alauddin makassar, jurnal idaarah, vol. Iii, no. 1, juni 2019
SOLICHIN, Mujianto. Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Peran Birokrasi. Religi: Jurnal Studi Islam, 2015, 6.2: 148-178.
Abdullah, M. M., 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Sleman, Aswaja Pressindo.
A.F. Stoner. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumi Aksara.
Amrullah, Z. A. (2019). Manajemen Belajar dan Pembelajaran di Sekolah,Yogyakarta: Andi Offset.
Al-Quran, Departemen Agama RI. 2010. Al Hidayah Al Quran Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka, Kalim, Tangerang Selatan
At-Taubany, T. I. B., & Suseno, H. 2017. Desain pengembangan kurikulum 2013 di madrasah, Kencana, Depok
At-Tirmidzi, I. (2020). Sunan Tirmidzi. Maktabah Syamilah .
Ali, M., 2017. Kebijakan pendidikan menengah dalam perspektif governance di indonesia. Universitas Brawijaya Press.
Cecep, H., Widyastuti, A., Subakti, H., Hasibuan, F.A., Sartika, S.H., Ardiana, D.P.Y., Avicenna, A., Salim, N.A., Karwanto, K., Kato, I. and Simarmata, J., 2021. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.Daenuri, M. A. (2021). Keutamaan Belajar Menurut Imam AL-Ghazali Dalam Kitab Ihya Ulumuddin, CV. AZKA PUSTAKA
Daenuri, M.A., 2021. Keutamaan Belajar Menurut Imam AL-Ghazali Dalam Kitab Ihya Ulumuddin. CV. AZKA PUSTAKA.
DARMADI, D.H. and Pd, M., 2019. Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar, teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi. An1mage
Departemen Agama RI. (2010). Al Hidayah Al Quran Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka. Tangerang Selatan: Kalim
Edwards III, George C. 2003. Implementing Public Policy.Jakarta
Enni Soerjati Priowirjanto SH, M. H., Raka Fauzan Hatami SH, M. H., & Salsabila Firdausa, S.H. 2021. Terminologi Ekonomi dan Teknologi Informasi dalam Hukum Ekonomi Pada Era Ekonomi Digital, Bintang Pustaka, Bintang Pustaka Madani
Fattah, Nanang. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah, Andira, Bandung
Halim, A., 2018. Mengelola bantuan operasional sekolah dengan baik, jakad media publishing.
Hanafi, Halid. Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish, 2018.
Hidayat, R. and Candra Wijaya, M.P., 2017. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam, Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)
Hikmat, 2011. Manajemen Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung
Iskandar. Jusman. (2015). Teori Sosial. Bandung: Puspaga.
Iskandar. Jusman. (2016 a). Indek dan Skala dalam Penelitian. Bandung:
Puspaga. Iskandar. Jusman. (2016 b). Kapita Selekta Administrasi Negara. Bandung: Puspaga. Iskandar. Jusman. (2016 c). Manajemen Publik. Bandung: Puspaga.
Iskandar. Jusman. (2016 d). Metoda Penelitian Administrasi. Bandung: Puspaga.
Iskandar. Jusman. (2016 e). Perilaku Manusia dalam Kelompok
Iskandar. Jusman. (2016 f). Organisasi. Bandung: Puspaga. Membangun Kekuatan Masyarakat. Bandung: Puspaga.
Iskandar. Jusman., & Putradi, D. P. (2016). Teori Administrasi. Bandung: Puspaga
Iskandar. Jusman. (2016). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Puspaga
Iskandar. Jusman. (2020). Modul Mata kuliah Metode Penelitian. Garut: Pasca Sarjana Universitas Garut.
Ijudin, Strategi Pengembangan Pendidikan Pesantren, Pena Persada, Bandung
Makmur, S. P. I., & Suparman, S. P. I. 2018. Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah, Aksara TIMUR
Mardiasmo, M. B. A. 2021. Akuntansi Sektor Publik-Edisi Terbaru, Andi
Muhamad Sarifudin, S. E. I. 2021. Pembiayaan Musyarakah dalam Meningkatkan Pendapatan Nasabah Di BPRS: Bintang Pustaka, Bintang Pustaka Madani
Mawati, A. T., Permadi, Y. A., Rasinus, R., Simarmata, J., Chamidah, D., Saputro, A. N. C., ... & Prasetya, A. B. 2020. Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses dan Strategi, Yayasan Kita Menulis
Mokh Taif dan Tutik Asmorowati 2021. Tinjauan yuridis pendidik nonformal dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia, Scopindo media pustaka
Mulyono, Sri, Anggri Puspita Sari, ‎Acai Sudirman 2021. Pengantar Manajemen, Media Sains Indonesia
Mulyasa, E. 2007. Manajemen Berbasis Madrasah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Musfah, J. 2015. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik, Kencana
Mustadi, A. 2020. Landasan pendidikan sekolah dasar, Vol. 174, UNY Press
Nur'aini, N. 2021. Metode Pengajaran Agama Islam, Pilar Nusantara.
Pananrangi, H. A. R., & SH, M. P. 2017. Manajemen Pendidikan, (Vol. 1), Celebes Media Perkasa
Pusaka, L. 2014. Ensiklopedi hadits kitab 9 imam versi online, Dicapai daripada http://app. lidwa. com.
Firmansyah, M. Anang; Mahardhika, Budi W. 2018. Pengantar Manajemen. Deepublish.
Ramli, S. 2014. Bacaan Wajib Swakelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Visi Media.
Rosmaida Tambun, S. E. 2020. Penganggaran Perusahaan, PT Rel Karir Pembelajar
Saefullah, U. (2019). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia. Shihab, M. Q. (2017). Logika Agama. Jakarta: Lentera Hati.
Shihab, Quraish. 2017. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Ciputat: Lentera Hati. Cet. 1, Vol. 1.
Sinambela, L. P. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja, Bumi Aksara
Sudarto, 2021. Filsafat Pendidikan Islam,
Tafsir, Ahmad, 2016, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, Ed. 3, cet. 4, 2007), h. 408 & 121.
Usman, N., & Pd, M. A. M. 2019. Pengantar Manajemen Pendidikan, An1mage
Utomo, S.Pd., MM. 2021. Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan, Nusa Putra press
Wulandari, T. 2020. Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. UNY Press
Widyastuti, A., Simarmata, J., Meirista, E., Susanti, S. S., Dwiyanto, H., Rosyidah, M., ... & Wula, P. 2020. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Perencanaan, Yayasan Kita Menulis
Wahyudin, H. U. R., & MM, M. P. 2021. Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi Dan Akuntabilitas), Deepublish
Zen, S. &. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana
Published
2023-02-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>