Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Nasional Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Capaian Belajar Siswa (Penelitian di SDN se-Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut)

  • Hilda Ainissyifa Universitas Garut
  • Jusman Iskandar Universitas Garut
  • Usef Saepudin Universitas Garut

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kebijakan kurikulum nasional mata pelajaran pendidikan agama Islam terhadap kinerja guru dalam mewujudkan capaian belajar siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian di SDN Se-Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut dengan jumlah responden sebanyak 69 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan kurikulum nasional mata pelajaran pendidikan agama Islam berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam mewujudkan capaian belajar siswa. Artikel ini berkesimpulan bahwa capaian belajar siswa dapat terwujud dengan melaksanakan kebijakan kurikulum nasional mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) secara menyeluruh dan kinerja guru yang optimal.

References

Alifuddin, Moh. 2011. Kebijakan Pendidikan Nonformal. Jakarta Timur: MAGNA Script Publishing
Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya
Departemen Agama. 2016. Al-Qur’an dan Terjemahannya, CV Diponegoro Bandung
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta, Rineka cipta
Donni Juni Priasna dan Sonny Suntani Setiana. 2018. Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
Fathurrohman, Pupuh & AA Suryana. 2011. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung. PT. Refika Aditama.
Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hikmat. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Ijudin dan Nenden Munawaroh. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari
Inayanti, Fenti. 2019. Model Pembelajaran Abad 21. Bandung: Mujahid Press
Iskandar, Jusman. 2018. Metoda Penelitian. Bandung: Puspaga Bandung
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta
Mahmud, M. Dimyati. 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi
Mulyasa, E. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet. Ke-3
Muslim, Sri Banun, 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeth
Nawawi, I. (2012). Syarah Riyadush Shalihin. Jakarta: Gema Insani.
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Qomar, Mujamil. 2013. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga
Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rusdiana, H. Ahmad. 2015. Kebijakan Pendidikan “dari Filosofi ke Implementasi”. Bandung: CV Pustaka Setia
Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo. Cet. Ke-4
Saefullah, U. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju
Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia group
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-18
Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada. Cet. Ke-3
Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga
Syah, Muhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-12
Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cet ke-9
Afnil, Indri Julianti. 2015. Dampak Kurikulum 2013 Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes Slta Negeri (SMA, MA, SMK) Se–Bandar Lampung. Universitas lampung
Ainissyfa, Hilda. Volume 8. Nomor 1 (1-26), 2014. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
Hadiyanto, Nahdi. Volume 9. Nomor 1 (103-116), 2015. Pengaruh Implementasi Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut
Ijudin. Volume 7. Nomor 1 (8-16), 2013. Pengembangan Pendidikan Kejuruan Jenjang Sekolah Menengah Atas di Lingkungan Madrasah Islamiah. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
Iriany, Ieke Sartika. Volume 8. Nomor 1 (54-85), 2014. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Revitalisasi Jati Diri Bangsa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
Ramdhani, Muhammad Ali. Volume 8. Nomor 1 (28-37), 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. ( 2014) . Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 3( 1) , 47-56.
Ramdhani, M. A., & Ramdhani, A. ( 2014 ) . Verification of Research Logical Framework Based on Literature Review. International Journal of Basic and Applied Science, 3( 2) , 11-19.
Saifulloh, Iman. Volume 9. Nomor 1 (1-14), 2015. Transnasional Islam dan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
Salfita, Rikha. Volume 2. Nomor 2 (1-12), 2018. Pengaruh Implementasi Kebijakan Kurikulum terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Khazanah Akademia: Program Studi Magister Pendidikan Islam, Universitas Garut
Soetari, Endang. Volume 8. Nomor 1 (116-147), 2014. Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Anak untuk Membina Akhlak Islami. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
Sumiarwan, Iwan. Volume 01, Nomor 01, 2017. Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum 2013 terhadap Manajemen Pembelajaran untuk Mewujudkan Kualitas Pembelajaran. Khazanah Akademia
Yetty Morelent dan Syofiani. Volume 1. Nomor 2 (141-152), 2015. Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal penelitian bahasa dan sastra indonesia, sumatra barat
Dokumen Administrasi Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam
Data Referensi Dapodikdasmen
Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian
Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
PP Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Permendikbud Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013
Published
2022-03-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>