Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Disiplin Belajar Siswa Dalam Mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa (Penelitian di MTs. se-Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar siswa terhadap disiplin belajar siswa dalam mewujudkan capaian hasil belajar siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian di MTs. se-Kecamatan Sukawening dengan jumlah responden sebanyak 90 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa dalam mewujudkan capaian hasil belajar siswa di MTs. se-Kecamatan Sukawening. Artikel ini berkesimpulan bahwa capaian hasil belajar siswa dapat terwujud apabila motivasi belajar siswa dan disiplin belajar siswa dilaksanakan secara optimal.
References
Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar & Menengah. Prestasi Putakarya. Jakarta.
Departemen Agama RI, 2010. Syamil Qur’an Terjemah Tafsir Perkata. Bandung. PT. Sygma Examidi Arkanleema.
Fathurrohman, Pupuh & AA Suryana. 2011. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung. PT. Refika Aditama.
Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Iskandar, Jusman. 2017. Metoda Penelitian Sosial. Puspaga. Bandung.
Hermawan, 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Staida Press. Garut.
Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. AMZAH. Jakarta.
Mulyana. 2010. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Grasindo. Surabaya.
Mustaqim, 2012. Supervisi Pendidikan Agama Islam. Rasail Media Group. Semarang.
Nata, Abuddin. 2002. Tafsir ayat-ayat pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Ramayulis, 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia. Jakarta.
Saefullah. 2014. Manajemen Pendidikan Islam, PT. Pustaka setia. Bandung.
Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. ALFA BETA. Bandung.
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah. Lentera Hati. Jakarta.
Supardi. 2016. Disiplin Belajar Siswa. Raja Grapindo Persada. Jakarta.
Syah, Muhibbin, 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Wahyudi. 2015. Motivasi Belajar Siswa dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta. cet. ke-4
Admnistrasi Dokumen Guru PAI MTs. se-Kecamatan Sukawening
Data Referensi Dapodikdasmen.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama
Copyright (c) 2020 Sifa Kamilatul Umah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.