Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Mu’adalah Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran Dirosah Islamiyyah (Penelitian Pada Tarbiatul Mu’alimin Al-Islamiyyah Pondok Pesantren Darussalam Sindangsari Kersamanah Garut)

  • Endang Soetari Universitas Garut
  • Ijudin Ijudin Universitas Garut
  • Nanang Qosim Universitas Garut
Keywords: Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Mu’adalah, Kinerja Guru, Efektivitas Pembelajaran Dirosah Islamiyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Mu’adalah terhadap  kinerja guru untuk mewujudkan Efektivitas Pembelajaran Dirosah Islamiyyah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Mu’adalah berpengaruh terhadap kinerja guru dalam mewujudkan Efektivitas Pembelajaran Dirosah Islamiyyah di Tarbiatul Mu’alim Al-Islamiyyah Pondok Pesantren Darussalam. Artikel ini berkesimpulan bahwa Efektivitas Pembelajaran Dirosah Islamiyyah dapat terwujud dengan melaksanakan Kebijakan Kurikulum Mu’adalah dan Kinerja guru yang optimal.Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Mu’adalah

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aedi, Nur. 2015. Dasar-dasar manajemen pendidikan. Yogyakarta: goysen publishing
Afnil, Indri Julianti. 2015. Dampak Kurikulum 2013 Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes Slta Negeri (SMA, MA, SMK) Se–Bandar Lampung. Universitas lampung
Agama, K. (2010). Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Syamil Cipta Media.
Akdon. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Cet. 2
Alifuddin, Moh. 2011. Kebijakan Pendidikan Nonformal. Jakarta Timur: MAGNA Script Publishing
Alifuddin, Moh. 2011. Menyemai Pendidikan Nonformal. Jakarta Timur: MAGNA Script Publishing
Budi Winarno. 2012. Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efaktif. Bandung: Yrama Widya
Departemen Agama RI, 2010. Syamil Qur’an Tejemah Tafsir Perkata, Bandung: PT. Sygma Examidi Arkanleema.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta, Rineka cipta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hikmat. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ijudin dan Nenden Munawaroh. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari
Ijudin dan Nenden Munawaroh. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari
Iskandar, Jusman. 2018. Metoda Penelitian. Bandung: Puspaga Bandung
Iskandar, Jusman. 2017. Perilaku Manusia Dalam Kelompok dan Organisasi. Bandung: Puspaga Bandung
Mahmud, M. Dimyati. 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi
Mulyasa, E. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet. Ke-3
Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir. Kamus Arab-Indonesia.
Muslim, Sri Banun, 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeth
Nawawi, I. (2012). Syarah Riyadush Shalihin. Jakarta: Gema Insani.
Qomar, Mujamil. 2013. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga
Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo. Cet. Ke-4
Saefullah, U. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Saifulloh, Iman. Volume 9. Nomor 1 (1-14), 2015. Transnasional Islam dan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
Salfita, Rikha. Volume 2. Nomor 2 (1-12), 2018. Pengaruh Implementasi Kebijakan Kurikulum terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Khazanah Akademia: Program Studi Magister Pendidikan Islam, Universitas Garut
Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju
Sugiyanto. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-18
Sumiarwan, Iwan. Volume 01, Nomor 01, 2017. Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum 2013 terhadap Manajemen Pembelajaran untuk Mewujudkan Kualitas Pembelajaran. Khazanah Akademia
Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada. Cet. Ke-3
Suryanto dan Asep Juhad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga
Syah, Muhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-12
Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cet ke-9
W. James Popham dan Eva L. Baker. 2011. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta
Wahyudi. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta. cet. ke-4
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi
Wulandari, Soliyah. Volume 4. No. 1, 2014. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Jakarta
Yetty Morelent dan Syofiani. Volume 1. Nomor 2 (141-152), 2015. Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal penelitian bahasa dan sastra indonesia, sumatra barat
Administrasi TMI Darusalam Kersamanah Garut
Data Referensi Dapodikdasmen
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2017 Tentang Penetapan perpanjangan status kesetaraan satuan pendidikan muadalah pada pondok pesantren
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian
Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
PP Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Published
2022-03-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>