Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pembinaan Guru Terhadap Disiplin Kerja Guru Untuk Mewujudkan Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah

  • M Agus Abdul Azis Bulqini Universitas Garut
  • Endang Soetari Universitas Garut
  • Gugun Geusan Akbar Universitas Garut
Keywords: Disiplin Kerja Guru, Kinerja Guru Madrasah, Pelaksanaan Kebijakan, Pembinaan Guru

Abstract

Masalah pendidikan yang luas ini dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu, kinerja pada pendidikan madrasah yang masih rendah. Belum optimalnya disiplin kerja guru diduga sebagai akibat dari pelaksanaan kebijakan pembinaan guru yang belum optimal sehingga mengakibatkan belum optimal kinerja guru madrasah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui saling keterkaitan antara pelaksanaan kebijakan pembinaan guru terhadap disiplin kerja guru untuk mewujudkan kinerja guru madrasah tsanawiyah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan pembagian kuesioner. Pengumpulan data-data didapatkan melalui hasil wawancara dan observasi. Populasi pada penelitian yaitu tenaga pendidik dan kependidikan Tsanawiyah At-Ta’awun, dan Madrasah Tsanawiyah Al-Qomariyah Kecamatan Sukaresmi sebanyak 70 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru dan disiplin kinerja guru dipengaruhi oleh pelaksanaan kebijakan pembinaan. Dalam penelitian ini ditemukan sejumlah temuan permasalahan penting: pertama, variabel pelaksanaan kebijakan pembinaan guru (X), adalah bahwa masih ada masalah terkait masih ada masalah terkait dengan jadwal pembinaan untuk guru yang menggangu kegiatan proses belajar mengajar disiplin kerja guru terdapat temuan permasalahan guru masih kesulitan dalam membuat adminitrasi secara konsisten walaupun dalam praktek pembelajaran langsung guru selalu memakai metode dan pendekatan pembelajaran (Z) adalah belum optimalnya kinerja guru dalam kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar. Hal ini dilihat dari masih banyak yang belum bisa memaksimalkan tanggung jawab pekerjaannya.

References

Agustino, 2014: Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta
Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam, Cet. III, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008, 32.
Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009, 340.
Aliffudin. 2011. Kebijakan Pendidikan Non Formal (Teori, Aplikasi Dan Implikasi). Magna Scrift Publishing. Jakarta
Alqur,an Al-karim. (2015). Departemen Agama RI. Bandung
Amali, Triyani. Voume 1. Nomor 1. 2015. Pengaruh Kemampuan Manajerial Dan Epuasan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se Kabupaten Tabalong. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis
Danim, sudarwan. 2013. Inovasi pendidikan dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan. Pustaka setia Bandung.
Departemen Agama. 2016. Al-Qur’an dan Terjemahannya, CV Diponegoro Bandung
Depdikbud. 1996. Metode Khusus Pengembangan Kemampuan Pendidikan Dan Kebudayaan Direktoral Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Dasar Bagian Proyek Peningkatan Mutu Taman Kanak-Kanak
E. Mulyasa, 2017. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hasibuan, P. Malayu. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Henry L Silk, Principles Of Management, New York: South Western Publishing Company, 1969
Iskandar, jusman. 2016. Indeks Dan Skala Dalam Penelitian, Puspaga, Bandung
Iskandar, jusman. 2015 Kapita Selekta Administrasi Negara Dan Kebijakan Publik, Puspaga, Bandung.
Iskandar, jusman. 2018 Metodda Penelitian Sosial, Puspaga, Bandung.
James.A.F.Stoner dan Freeman. 2000. “ Manajemen ”.Prenhalindo, Jakarta.
Koesmono, Teman. 2005. Pengaruh Budaya organisasi terhadap Motivasi serta Kepuasan kerja serta Kinerja karyawan pada Perusahaan pengolahan KayuEkspor berskala menengah. Jawa Timur
N. Lilis Suryani dan Komarudin. Volume 2. Nomor 1. 2014. Pengaruh Motivasi Guru Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sd Islam .Darul Hikmah Pamulang Tangerag Selatan. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang.
Maizar Pratama. 2014. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Balai Wilayah Sungai Sumatra V. Padang: Jurnal UNITAS.
Mochtar Effendy. 1986. Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta: Bratar Karya Aksara.
Muslim Sri Banun, 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru. Alfabetha, Bandung.
Nawawi, I. (2012). Syarah Riyadush Shalihin. Jakarta: Gema Insani.
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995, Cet 7.
Pradikta, 2011. Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jakarta
Rachmawati Tutik & Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru Dan Angka Kreditnya. Gava media, Yogyakarta
Rahayu, Sri. Volume 12, Nomor 1. 2017. Komunikasi Interpersonal Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Kerja Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Dan Dampaknya Pada Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan
Robbins & Judge .2008 Perilaku Organisasi, Salemba Empat. Jakarta
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta:
Saondi dan Suherman. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika
Sinambela, Lijan Poltak. (2012). Kinerja Pegawai Teori, Pengukuran, dan Implikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta
Supardi, 2016. Kinerja Guru. Raja Grapindo Persada, Jakarta.
U. Saefullah, 2019. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permsasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Winarno Budi. 2012. Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus. CAPS Yogyakarta.
Published
2023-02-27

Most read articles by the same author(s)