Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran (Penelitian Di SD IT Persis Tarogong Garut)

  • Endang Soetari Universitas Garut
  • Gugun Geusan Akbar Universitas Garut
  • Irma Ismawati Universitas Garut

Abstract

Hasil deskripsi penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru berada pada kriteria Baik, motivasi kerja guru menunjukkan kriteria Cukup Baik, sementara efektivitas pembelajaran berada pada kriteria Baik. Hasil uji hipotesis utama menunjukkan bahwa variabel Profesionalisme Guru berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru Untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran sebesar 10,51%, sedangkan sisanya sebesar 89,49% dipengaruhi oleh variabel lain. Sementara dari hasil pengujian sub hipotesis, variabel Profesionalisme guru berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru. Adapun Motivasi Kerja Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Efektivitas pembelajaran. Sedangkan variabel profesionalisme guru tidak berpengaruh terhadap variabel Efektivitas pembelajaran.

References

Al Quran dan Terjemahnya. (2010). Bandung: Syamil Cipta Media.
Alifuddin, M. (2011). Kebijakan Pendidikan Nonformal Teori, Aplikasi dan Implikasi. Jakarta: Magnascript Publishing.
Cordoba, T. P. (2012). Al Quran Cordoba Amazing 33 Tuntunan Al Quran Untuk Hidup Kita. Bandung: Cordoba Internasional Indonesia.
Daryanto, 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2015. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Engkoswara dan Aan Komariah. 2015. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Fattah, N. (2014). Anallisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hikmat, 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Iskandar, J. (2017). Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Puspaga.
Iskandar, J. (2017). Perilaku Manusia Dalam Kelompok dan Organisasi. Bandung : Puspaga.
Mahfud, C. (2016). Politik Pendidikan Islam Analsis Kebijakan Pendidikan Islam Pasca Orde Baru. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Mahmud, M. Dimyati. 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi
Muchsin, B., & Wahid, A. (2010). Pendidikan Islam Kontemporer. Bandung: Refika Aditama.
Munawir, A. W. (1997). Kamus Al Munawir Arab Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.
Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Nawawi, I. (2012). Syarah Riyadush Shalihin. Jakarta: Gema Insani.
Pidarta, Made. 2011. Manajemen Pendidik Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Prihatin, Eka. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
Quthb, S. (2004). Tafsir Fi Zhilallil Quran. Bogor: Pustaka Imam Syafii.
Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Riduan. (2016). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfa Beta.
Rusdiana, A. (2015). Kebijakan Pendidikan: dari Filosofi ke Implementasi. Bandung: Pustaka Setia.
Rusman, 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo
Saefullah, U. (2014). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan . Bandung : Alfa Beta.
Sedarmayanti, 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja, Mandar Maju
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Quran. Jakarta: Lentera Hati.
Soebahar, A. H. (2013). Kebijakan Pendidikan Islam Dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas. Jakarta : Raja Grafindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kualitatif,kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardi, 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suparno, Eko Widodo. 2015. Manajemen Pengembangan SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Surya, Mohamad. 2014. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta
Suryanto dan Asep Juhad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: erlangga
Syafaruddin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press
Tafsir, Ahmad. (2015). Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tambak, S. (2013). Pendidikan Komunikasi Islami, Pemberdayaan Keluarga Membentuk Kepribadian Anak. Jakarta: Kalam Mulia.
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Alim, Aim Nurul. Volume 1 Nomor 1. 2017. Pengaruh Penghayatan Etika Profesi terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran. Jurnal Khazanah Akademia Universitas Garut.
Pudjiastuti, Rosita. Volume 4. Nomor 2. 2016. Pengaruh Komunikasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Guru Smp Negeri Di Sub Rayon Bangsri Kabupaten Jepara. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang
Sutikno, Tri Atmadji. Volume 34. Nomor 1. Studi Produktivitas Kerja Guru Pada Sekolah Menengah kejuruan negeri di Malang Raya. Jurnal Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakulikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Published
2022-03-31

Most read articles by the same author(s)