Pengaruh Koordinasi Komite Madrasah dengan Kepala Madrasah Terhadap Manajemen Madrasah Untuk Mewujudkan Mutu Lulusan (Penelitian di MTs An-Nur 1 Malangbong Garut)

  • Asep Angga Nugraha Universitas Garut
  • Endang Soetari Universitas Garut
  • Nahdi Hadiyanto Universitas Garut
  • Retno Annisa Larasati Universitas Garut
Keywords: Koordinasi Komite Madrasah, Manajemen Madrasah, Mutu Lulusan

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi negara ini saat ini dalam hal pendidikan adalah mutu lulusan yang belum optimal. Masalah ini diduga karena koordinasi komite madrasah dengan kepala madrasah dan  manajemen madrasah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh koordinasi komite madrasah dengan kepala madrasah terhadap manajemen madrasah untuk mewujudkan mutu lulusan di MTs An-Nur 1 Malangbong Garut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif berdasarkan teknik sensus dengan jumlah pengajar sebanyak 79 orang, cara pengumpulan data yang digunakan studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan analisis statistik dengan model path analisys merupakan metode analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian. Dengan membandingkan hasil, orang dapat melihat bagaimana hipotesis diuji. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan maupun parsial variabel koordinasi komite madrasah dengan kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen madrasah dalam mewujudkan mutu lulusan di MTs An-Nur 1 Malangbong Garut. Temuan penting yang merupakan permasalahan dari variabel koordinasi komite madrasah dengan kepala madrasah, manajemen madrasah, mutu lulusan, dalam mengatasinya disarankan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan koordinasi komite madrasah dengan kepala madrasah secara rutin dan berkelanjutan (2) Membuat agenda pertemuan dengan masyarakat secara rutin dan mensosialisasikan program madrasah terhadap masyarakat (3) guru memperbaiki sistem pembinaan, dengan metode-metode yang dapat memotivasi siswa dan orang tua ikut andil dalam membimbing siswa.

References

Deden Wahyu, Pengaruh Koordinasi Terhadap Efektivitas Kerja Pemungut Pajak Bumi Dan Bangunan Di Unit Pelaksana Teknis Dinas Badan (Uptb) Kota Tasikmalaya (Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik), Vol. 6 No. 1, Januari 2021
Hasrian,2021. Manajemen Peserta Didik: Medan, Umsupress
Hidayat Rahmat. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya” Penerbit LPPPI, Medan
Iskandar, J. 2020. Modul Mata kuliah Metode Penelitian. Garut: Pasca Sarjana Universitas Garut.
Tafsir, Ahmad. 2016. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Published
2023-08-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>