Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Guru Untuk Mewujudkan Kualitas Layanan Madrasah

  • Nahdi Hadiyanto Universitas Garut
  • Aziz Abdurahman Universitas Garut
  • Ieke Sartika Iriany Universitas Garut

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah berhubungan dengan kinerja dan kompetensi guru.  Disisi lain secara parsial mampu berpengaruh  terhadap kinerja mengajar guru, budaya madarasah, dan kepuasan siswa sehingga terciptanya layanan pendidikan yang terjamin secara kualitas. Supervisi, dan motivasi berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah juga dapat meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, outcomes yang lebih bai. kepemimpinan berpengaruh terhadap kemajuan layanan mutu pendidikan. Kepemimpinan yang efektif akan mewujudkan proses pembelajaran yang efektif di sekolah.

References

Alim, M. 2011. Pendidikan Agama Islam, Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Cetakan Kedua, Penerbit PT Rosda Karya, Bandung
Azra, A. 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Kompas, Jakarta.
Baharun, H. dan Zamroni. 2017. Manajemen Mutu Pendidikan: Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard. Cetakan Pertama. Penerbit Akademia Pustaka, Tulungagung, Jatim
Caena, F. 2013. Supporting Teacher Competence Development for Better Learning Outcomes. European Comission for Education and Training. Retrieved from: https://ec.europa.eu/assetseac/education/experts-groups/2011-2013/teacher/teacher/comp_en.pdf [akses 10 September 2021]
Hasibuan, M.S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Cetakan Kelimabelas. Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta
IMD. 2021. The IMD World Competitiveness Ranking. June 2021. IMD World Competitiveness Center Chemin de Bellerive 23, P.O. 915, CH-1001 Lausanne, Switzerland Retrieved from: https://www.imd.org/news/updates/2021-world-competitiveness-ranking/ [akses 10 September 2021]
Imron, A. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Cetakan Pertama. Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta.
Kemdikbud. 2015. Survei Internasional PISA. Pusat Penilaian Pendidikan Balitang, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Leithwood, K., Day, C. 2006. Seven strong claims about successful school leadership. NCSL, England, UK
Muhaimin, Suti'ah dan Sugeng Listyo Prabowo. (2010). Manajemen Pendidikan, Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolahh/Madrasah. Penerbit Kencana, Jakarta
Mulyasa, E. 2011. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cetakan Pertama. Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta.
Saefullah, U. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Cetakan Kesatu. Penerbit CV Pustaka Setia, Bandung
Sahertian, O. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan SDM. Edisi Revisi. Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.
Samani, M. 2010. Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia. Cetakan Kedua. Penerbit SIC, Jakarta.
Sa’ud, U.S. dan Makmun, A.S. 2016. Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif. Cetakan Kelima. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Sedarmayanti. 2011. MSDM: Reformasi Birokrasi dan Manajemen PNS. Cetakan Kelima. Penerbit PT Refika Aditama, Bandung.
Shulhan, M. dan Soim. (2013). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Dasar Menuju Pendidikan Islam. Cetakan Pertama. Penerbit Teras, Yogyakarta
Siagian, S.P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta
Published
2022-04-06

Most read articles by the same author(s)