Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Penyelenggaraan Madrasah Terhadap Pengelolaan Pembelajaran untuk Mewujudkan Mutu Lulusan

  • Nahdi Hadiyanto Universitas Garut
  • Muhammad Muhsin Universitas Garut
  • Endang Soetari Universitas Garut
Keywords: Kebijakan Penyelenggaraan Madrasah, Mewujudkan Mutu Lulusan, Pengelolaan Pembelajaran

Abstract

Permasalahan dalam pendidikan yang dihadapi diantaranya adalah mengenai mutu lulusan masih rendah, beberapa Lulusan / peserta didik yang melanjutkan ke perguruan tinggi serta kebanyakan  justru mengambil sikap acuh bahkan tidak mampu menjelaskan tujuan kenapa mereka membutuhkan pendidikan sehingga menghasilkan angka pengangguran cukup tinggi di kawasan Garut Selatan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan Madrasah terhadap pengelolaan pembelajaran untuk mewujudkan mutu lulusan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi dengan teknik observasi, survei, angket, dan studi dokumentasi. Namun teknik analisis data yang digunakan untuk menentukan hipotesis penelitian adalah analisis statistik dengan menggunakan model path analysis atau gap analysis. Tenaga pendidik dan kependidikan Madrasah Aliyah yang dilibatkan di Kecamatan Cikelet sebanyak 60 orang. Hasil analisis kualitatif adalah sebagai berikut: “Ada pengaruh pelaksanaan Kebijakan Penyelenggaraan Madrasah terhadap pengelolaan pembelajaran untuk mewujudkan Mutu Lulusan.” Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,2350 > ttabel =2,0032. Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa H0 adalah ditolak dan H1 diterima, menyiratkan bahwa variabel rekrutmen Madrasah (X) berpengaruh positif terhadap pendidikan yaitu pengelolaan pembelajaran (Y) dalam hal retensi siswa yakni mutu lulusan (Z). Temuan sub-sub hipotesis menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Penyelenggaraan Madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan pembelajaran. Pelaksanaan Kebijakan penyelenggaraan Madrasah berpengaruh positif terhadap mutu lulusan. Pengelolaan pembelajaran berpengaruh positif terhadap mutu lulusan. Dalam penelitian ini ditemukan sejumlah permasalahan penting: Pertama, variable pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan Madrasah (X), adalah bahwa masih kurang kerjasama antara guru dan staf serta interaksi dengan pihak eksternal. Kedua, variabel pengelolaan pembelajaran (Y) adalah penggunaan teknik pembelajaran dan penataan Kelas masih belum baik. Ketiga, pada variabel mewujudkan mutu lulusan (Z) adalah siswa kurang memiliki perilaku pembelajar sejati sepanjang hayat/meneruskan pendidikan ke tingkat lebih tinggi.

References

Abdul Majid ,2018 ( Analisis Kebijakan pendidikan.Yogyakarta:Samudra biru)
Abdullah, M.,2015.( Metodologi Penelitian Kuantitatif. yogyakarta: Aswaja Pressindo).
Allen, Natalie J. and John P. Meyer. 1990. “The Measurement and Antecedents of Affective,
Anwar,Herson 2017 ( Pengelolaan Pendidikan :Teori dan aplikasi di Madrasah, Email: eduvision_publishing@yahoo.com http://www.eduvision.webs.com)
Emzir,Prof,Dr,M.Pd 2019 Metodologi penelitian Pendidikan kuantitatif dan kualitatif,(Depok:Rajawali pers 2019)h.42-43
Ijudin,Dr.S.Ag,M.Si 2021 Strategi Pengembangan Pendidikan Pesantren (Banyumas : Pena persada )
K.H Hasyim Asy’ari 2021 “Bimbingan akhlak mulia bagi guru dan Murid”Mamba’ul Huda hal.161
Kamus Besar Bahasa Indonesia ,2001 ed.3, cet.1,, (Jakarta : Balai Pustaka, 2001, hal. 149
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, 2007( Bandung : PT Remaja Rosdakarya).
Nugroho. (2004). Manajemen Pendidikan Islam : Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Parsons, W. (2014). Public Policy Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan. Jakarta: Kencana.
Syaifudin (2005) Pengelolaan pembelajaran teoritis dan praktis
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2014),h.98
Stoner L. J. dan Carles, W. (2006). Manajemen, terjemahan. Jakarta: Intermedia
Umar siddiq (2018) Manajemen Madrasah (Ponorogo:CV.Nata karya)
Universitas Garut. 2020. Panduan Penelitian Seminar Usulan Penelitian dan Tesis.
Filania Rahayu 1) , Hendri Irawan 2) 2019” Perancangan Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Guna Membantu Meningkatkan Pelayanan Dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus: Lembaga Pendidikan Kumon” Jurnal I D E A L I S Vol . 2 N o . 4 , J u l i 2 0 1 9
Marlina Erliani 2016 “pengelolaan pembelajaran dan pengembangan bahan ajar” Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 03 No 02 November 2016
Muhammad Bahrudin Siti Zuhro 2015” Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan” Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, BISNIS, Vol. 3, No. 1, Juni 2015
Mustafa Altun,2017.International Journal of Social Sciences & Educational Studies ISSN 2520-0968 (Online), ISSN 2409-1294 (Print), March 2017, Vol.3, No.3
Munjiin (2013). Sistem penjaminan mutu pendidikan di madrasah jurnal dakwah dakwah & komunikasi KOMUNIKA ISSN: 1978-1261 Vol.7 No.2 Juli - Desember 2013 pp.
Sumber: https://islam.nu.or.id/tafsir/kepemimpinan-rasulullah-saw-dalam-al-quran-KuzUp
Wirdatul Jannah,2014 komitmen guru dalam melaksanakan tugas di sekolah menengah atas (smsa) kecamatan rokan iv koto. Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, Juni 2014. Hal.2
Published
2023-02-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>