Pengaruh Pelaksanaan Rekrutmen Guru terhadap Motivasi Kerja Guru untuk Mewujudkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan rekrutmen guru terhadap motivasi kerja guru untuk mewujudkan hasil belajar siswa di MI dan MTs Iqro Yayasan Riyadusholihin Leles-Garut. Sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 64 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling sensus., yaitu teknik sampling dimana semua anggota digunakan sebagai sampel. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) jenis software SmartPLS versi 3.Hasil pengujian hipotesis yaitu: koefisien jalur pelaksanaan rekrutmen guru terhadap motivasi kerja guru untuk mewujudkan hasil belajar siswa memiliki nilai original sampel 0.749, tstatistik sebesar 4.421 dimana tstatistik > 1.96. Dengan demikian, diperoleh keputusan H0 ditolak dan H1 diterima yang memiliki makna pelaksanaan rekrutmen guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi keja guru untuk mewujudkan hasil belajar siswa di MI dan MTs Iqro Leles Yayasan Riyadusholihin Leles-Garut. Koefisien jalur pelaksanaan rekrutmen guru terhadap motivasi kerja guru memiliki nilai original sampel sebesar 0.939, tstatistik sebesar 36. 197 dimana tstatistik > 1.96. Dengan demikian diperoleh keputusan H0 ditolak dan H1 diterima yang memiliki makna pelaksanaan rekrutmen guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru. Koefisien jalur pelaksanaan rekrutmen guru terhadap hasil belajar siswa memiliki nilai original sampel -0.023, tstatistik sebesar 0.910 dimana tstatistik < 1.96. Dengan demikian diperoleh keputusan H0 diterima dan H1 ditolak yang memiliki makna tidak terdapat pengaruh pelaksanaan rekrutmen guru terhadap hasil belajar siswa. Koefisien jalur motivasi kerja guru terhadap hasil belajar siswa dimana nilai original sampel sebesar 0.886, tstatistik sebesar 0.746 dimana tstatistik > 1.96. Dengan demikian diperoleh keputusan H0 ditolak dan H1 diterima yang memiliki makna motivasi kerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.
References
Mathis. L, Robert. 2013. Human Resource Management. Jakarta: Salemba Empat.
Siagian Sondang. P, (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara
Sutrisno, Edy. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Kencana
Thoha, Mohammad. Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: Pustaka Radja, 2016.
Veithzal Rivai, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Prusahaan Dari Teori Dan Praktik, Jakarta :PT Raja Grafindo Persada
Abraham Maslow, (2013), dalam fahmi Teori Hirarki Motivasi.
Desi Ratnasari, 2013, Studi Tentang Proses Rekrutmen Tenaga Kerja
Perlindungan Masyarakat (Linmas) Di Badan Kesatuan Bangsa, Politik Dan erlindungan Masyarakat Kabupaten Malinau Dikutip dari http://www.ejournal.pin.or.id/site/wpcontent/uploads/2013/02/EJURNAL%20DESI%20RATNASARI%20(02-25-13-05-06-49).pdf
Nazil, Fahmi Ainun. (2020). Strategi Rekrutmen dan Selesksi Tenaga Pendidik Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah. Mojokerto. Institut Pesantren KH.
Copyright (c) 2024 Nurul Husyaeni Nur Fitri, Aji Abdul Wahid, Gugun Geusan Akbar, Nahdi Hadiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.