Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Manajemen Pembelajaran Untuk Mewujudkan Mutu Lulusan (Penelitian Di MTs Darusalam Wanaraja)
Abstract
Permasalahan pendidikan yang dihadapi di antaranya adalah mutu lulusan yang masih rendah pada pendidikan madrasah. Belum optimalnya manajemen pembelajaran diduga sebagai akibat dari pengaruh kompetensi guru yang belum optimal sehingga mengakibatkan belum optimalnya mutu lulusan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kompetensi guru terhadap manajemen pembelajaran untuk mewujudkan mutu lulusan. Penelitian ini mengkaji dan menganalisis dampak kompetensi guru terhadap manajemen pembelajaran untuk mewujudkan mutu lulusan. Metode sensus dan deskriptif digabungkan dalam Penelitian ini. Di MTs Darusalam Wanaraja diambil sampel sebanyak 53 guru dari populasi umum. Metode analisis data adalah model analisis jalur statistik, Studi lapangan dan studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Nilai thitung > ttabel yaitu = thitung 16,6882 > ttabel = 2,0096 diperoleh dari hasil pengujian hipotesis dengan analisis jalur. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa Manajemen Pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kompetensi Guru dalam rangka mewujudkan mutu lulusan. Temuan penting Penelitian sudah terungkap, sehingga direkomendasikan untuk mencari solusi untuk masalah ini dengan langkah : 1) Ada baiknya dari madrasah ketika guru yang tidak linier disekolahkan lagi dengan jurusan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, 2) Mengadakan pembinaan dalam pelaksanaan program pembelajaran, mengadakan supervisi secara berkala, 3) Menyesuaikan antara mata pelajaran yang diampu dengan kualifikasi pendidikan terakhir yang dimiliki oleh guru sehingga guru memahami materi yang akan disampaikan saat melakukan pembelajaran yang selalu mengaitkan materi dengan kejadian yang terjadi sehingga siswa mampu memahami apa yang guru sampaikan saat pembelajaran secara keseluruhan dan kontinu terkait capaian hasil belajar siswa.
References
Fathurrohman, M dan Sulistyorini. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Febriana, Rina (2019). Kompetensi Guru, Jakarta : Bumi Aksara
Hanafi, Khalid. Dkk. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Cv Budi Utama
Imam Gunawan, A. R. P. (2017). Revisi_Taksonomi_Bloom. 1, 16–40.
IKAPI. 2010. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan SISDIKNAS.
Handoko, T. Hani. 2016. Manajemen. Yogyakarta : BPFE
Iskandar, J. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan dan sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta:GP Press
Iskandar, J. (2020). Modul Mata Kuliah Metode Penelitian. Garut: Pasca Sarjana Universitas Garut.
Mulyasa, E. (2003). Managemen Berbasis Sekolah. Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana & Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nur Zazin, Gerakan Menata Mutu Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011), 135 Pt Indeks
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008
Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syafaruddin. 2009. Pendidikan & Transformasi Sosial. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Triwiyanto, Teguh. (2019). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Copyright (c) 2024 Sri Haryati, Endang Soetari Ad, Nizar Alam Hamdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.