Pengaruh Iklim Madrasah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Hasil Belajar Peserta Didik (Penelitian di MTs Negeri 2 Garut)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v8i01.309Keywords:
Iklim, Kinerja Guru, MadrasahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim madrasah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan hasil belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Garut. Sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 55 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling sensus, yaitu teknik sampling dimana semua anggota digunakan sebagai sampel. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) jenis software SmartPLS versi 3. Hasil anallisis menunjukkan bahwa variabel iklim madrasah berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien jalur 0,939 dan signifikan, dengan P-value < 0,05., iklim madrasah mampu menjelaskan variasi variabel kinerja guru sebesar 74,60%, kinerja guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien jalur 0,886 dan signifikan, dengan P-value < 0,05, iklim madrasah berpengaruh negatif terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien jalur -0,023 dan tidak signifikan, dengan P-value < 0,05, kinerja guru dan iklim madrasah mampu menjelaskan variasi variabel hasil belajar sebesar 88,60%, dan kinerja guru signifikan sebagai variabel antara (intervening) antara variabel iklim madrasah dan kinerja guru dengan P-value < 0,05.
References
Bloom, B. (1956). A taxonomy of cognitive objectives. New York: McKay.
Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956). Handbook I: cognitive domain. New York: David McKay.
Hadiyanto. (2016). Teori dan Pengembangan Iklim Kelas dan Iklim Sekolah. Jakarta: Kencana
Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moos, R. H. (1979). Evaluating educational environments. Jossey-Bass,.
Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish
Supardi. (2016). Kinerja guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Syaban, M. (2019). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama, 12(2), 131-141.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uno, H.B., Lamatenggo, N. 2017. Teori kinerja dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Wirawan. (2016). Budaya dan Iklim Organisasi: Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.