Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa (Penelitian Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis adanya pengaruh dari pelaksanaan kebijakan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap kinerja guru untuk mewujudkan pencapaian prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode deskripsi analisis dengan teknik survey didukung dengan wawancara dan juga studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini untuk menguji hipotesis adalah statistik melalui model analisis jalur (path analysis). Penelitian ini mengambil populasi sekaligus sampel responden adalah seluruh guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut yang berjumlah 60 guru. Hasil dari pengujian hipotesis utama dari penelitian ini yakni “terdapat pengaruh pelaksanaan kebijakan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap kinerja guru untuk mewujudkan prestasi belajar siswa” hal ini didasarkan dari hasil perhitungan yang didapat yaitu nilai Fhitung lebih besar dari pada nilai Fhitung yaitu Fhitung = 44,9907 > Ftabel = 8,5566. Dari nilai tersebut maka kaidah keputusan statistik yang diambil adalah Ho ditolak, artinya pelaksanaan kebijakan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (X) memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y) untuk mewujudkan prestasi belajar siswa (Z) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Hasil pengujian pada sub-sub hipotesis menempatkan pelaksanaan kebijakan-pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja guru, kemudian kinerja guru mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan pelaksanaan kebijakan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi memiliki pengaruh signifikan untuk perwujudan prestasi belajar siswa.
References
Akib, Haedar. 2012. “Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa dan Bagaimana.” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik 1 (1): 1. https://doi.org/10.26858/jiap.v1i1.289.
Al-Qur’an Al-Karim
Arwildayanto, dkk. 2018. Analisis Kebijakan Pendidikan. Cendekia Press. Bandung
Aziz, Rosmiaty. 2019. Ilmu Pendidikan Islam. Penerbit SIBUKU. Yogyakarta.
Darmawan, Arief. 2018. Membuat Media Video Pembelajaran. Pustekkom Kemdikbud. Jakarta
Darmawan, Arief. 2018. Pengenalan Internet. Pustekkom Kemdikbud. Jakarta
Desrinelti, Desrinelti, Maghfirah Afifah, dan Nurhizrah Gistituati. 2021. “Kebijakan publik: konsep pelaksanaan.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 6 (1): 83. https://doi.org/10.29210/3003906000.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2018. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Usaha Nasional. Surabaya.
Edward III, George C. 1980. Implementing Public Policy. USA: Congresssional Quarterly Inc.
Harahap, Yudhi Septian, Shynta Sri Wahyuni Ginting, dan Nur Khafifah Indriyani. 2023. “Pendidikan Teknologi dalam Al-Qur’an” 7.
Haryaningsih, Sri, Ira Patriani, dan Farah Devi Andriani. 2022. “Implementasi kebijakan pembelajaran daring di kota Pontianak.” Jurnal Konseling dan Pendidikan 10 (1): 135. https://doi.org/10.29210/178300.
Indrianny, Minda. 2019. Pengaruh Manajemen Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Tesis. Uniga. Garut
Iskandar, Jusman. 2016. Metoda Penelitian Sosial. Puspaga. Bandung.
Iskandar, Jusman. 2018. Indeks dan Skala Dalam Penelitian. Puspaga.Bandung.
Jauhari, Dadang Hilman. (2018). Pengaruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. UNIVERSITAS GARUT
Jauhari, Dadang Hilman. 2018. Pengaruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Usulan Penelitian. Uniga. Garut
Khairi, Halilul (2014) Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar. In: Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-30.
Khoerunnisa, Ai. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Efektivitas Belajar. Tesis. Universitas Garut. Garut
Marzal, Jefri. 2019. Revolusi Industri 4.0. Online. Tersedia: https://www.unja.ac.id/revolusi-industri-4-0-bagaimana-meresponnya/. [04 November 2021].
Muhardi. Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan. Volume XX No. 4 Oktober – Desember 2004: 478 - 492
Muhtar, Alan. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Hasil Belajar Siswa. Tesis. Universitas Garut. Garut
Mutmainah, Siti. 2018. Pengenalan Perangkat TIK Dasar. Pustekkom Kemdikbud. Jakarta
Mutmainah, Siti. 2018. Portal Rumah Belajar untuk Pembelajaran. Pustekkom Kemdikbud. Jakarta
Na’im, Zaenudin dkk. 2021. Manajemen Pendidikan Islam. Widina Bhakti Persada. Bandung
Nurhayati, Ai Sri. 2018. Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar. Pustekkom Kemdikbud. Jakarta
Nurhayati, Ai Sri. 2018. Pengintegrasian TIK dalam Pembelajaran. Pustekkom Kemdikbud. Jakarta
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah
Priansa, Donni Junni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Alfa Beta. Bandung
Rachmawaty, Asye. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri 43 Bandung. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Vol. 1 No. 1 Juni 2014
Rosyid, Moh Zaiful, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Literasi Nusantara. Batu.
Ruhiyat, M. Y. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Supervisi Pengawas Madrasah Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan Di Madrasah. UNIGA.
Rusman, dkk. 2019. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Mengembangkan Profesionalitas Guru). Rajawali Pers. Depok
Salfita, Rikha. 2018. Pengaruh Implementasi Kebijakan Kurikulum terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan.Vol. 02; No. 02; 2018; 1-12.
Sugiyono. 2109. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta. Bandung.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Supriyanto, Trino dan Marno.2013. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Refika Aditama. Bandung.
Susanto, Ahmad. 2018. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru (Konsep, Strategi,, dan Implementasi). Prenada Media Group. Depok.
Susetyo, Budi. 2011. Menyusun Tes Hasil Belajar. CV. Cakra. Bandung
Tafsir, Ahmad. 2019. Filsafat Pendidikan Islami (Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan manusia). Remaja Rosdakarya. Bandung.
Yusuf, Munir. 2019. Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo: Palopo
Copyright (c) 2024 Nenden Astriyani, Gugun Geusan Akbar, Masripah Masripah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.