Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Bimbingan Dan Konseling Terhadap Kinerja Guru Sebagai Konselor Dalam Mewujudkan Kedisiplinan Siswa

  • Helda Pratiwi Universitas Garut
  • Muhammad Ali Ramdhani UIN Sunan Gunung Djati
  • Hanny Latifah Universitas Garut

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mengkaji pengaruh pelaksanaan kebijakan bimbingan dan konseling terhadap kinerja guru sebagai konselor dalam mewujudkan kedisiplinan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut, dengan jumlah responden 58 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kebijakan bimbingan dan konseling berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebagai konselor dalam mewujudkan kedisiplinan siswa. Adapun hasil pengujian sub-sub hipotesis menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan bimbingan dan konseling berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sebagai konselor. Pengaruh pelaksanaan kebijakan bimbingan dan konseling tidak signifikan terhadap kedisiplinan siswa. Kinerja guru sebagai konselor berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa.

References

Alifuddin, M. (2011). Kebijakan Pendidikan Nonformal; Teori, Aplikasi dan Implikasi. Jakarta: MGNAScript Publishing.
Darajat, Zakiah. 2004, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, P. D. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Iskandar, J. (2018). Metoda Penelitian. Bandung: Puspaga.
Prayitno, Haji, dan Erman Amti (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tu'u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. ( 2014) . Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 3( 1) , 47-56.
Ramdhani, M. A., & Ramdhani, A. ( 2014 ) . Verification of Research Logical Framework Based on Literature Review. International Journal of Basic and Applied Science, 3( 2) , 11-19.
Wijaya, C., & Ruslan, T. (2003). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Published
2022-03-29

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.