Pengaruh Pembinaan Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian di SDN se-Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut)

Authors

  • Cucu Paridawati Universitas Garut
  • Muhammad Ali Ramdhani Universitas Pasundan
  • Masripah Masripah Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v4i01.69

Keywords:

Pembinaan Pengawas, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Efektifitas Program Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembinaan pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam mewujudkan efektifitas program pembelajaran PAI. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian di SDN Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut dengan jumlah responden sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam mewujudkan efektifitas program pembelajaran PAI. Artikel ini berkesimpulan bahwa efektifitas program pembelajaran PAI dapat terwujud apabila pembinaan pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah serta kinerja guru dilaksanakan secara optimal.

References

Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar & Menengah. Prestasi Putakarya. Jakarta.
Departemen Agama RI, 2010. Syamil Qur’an Terjemah Tafsir Perkata. Bandung. PT. Sygma Examidi Arkanleema.
Fathurrohman, Pupuh & AA Suryana. 2011. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung. PT. Refika Aditama.
Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Iskandar, Jusman. 2017. Metoda Penelitian Sosial. Puspaga. Bandung.
Hermawan, 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Staida Press. Garut.
Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. AMZAH. Jakarta.
Mulyana. 2010. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Grasindo. Surabaya.
Mustaqim, 2012. Supervisi Pendidikan Agama Islam. Rasail Media Group. Semarang.
Nata, Abuddin. 2002. Tafsir ayat-ayat pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Ramayulis, 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia. Jakarta.
Saefullah. 2014. Manajemen Pendidikan Islam, PT. Pustaka setia. Bandung.
Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. ALFA BETA. Bandung.
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah. Lentera Hati. Jakarta.
Supardi. 2016. Kinerja Guru. Raja Grapindo Persada. Jakarta.
Syah, Muhibbin, 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Wahyudi. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta. cet. ke-4
Admnistrasi Dokumen Guru PAI SDN se-Kecamatan Cikajang
Data Referensi Dapodikdasmen
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Paridawati, C., Ramdhani, M. A. ., & Masripah, M. (2022). Pengaruh Pembinaan Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian di SDN se-Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut). Khazanah Akademia, 4(01), 11–21. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v4i01.69

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>