Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Terhadap Kinerja Pembelajaran Guru Dalam Mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa (Penelitian di KKG PAI Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut)

  • Cecep Abdurojak Universitas Garut
  • Jusman Iskandar Universitas Garut
  • Hilda Ainissyifa Universitas Garut
Keywords: Kinerja Pembelajaran Guru, Capaian Hasil Belajar Siswa, Pelaksanaana Kebijakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kebijakan kelompok kerja guru pendidikan agama Islam terhadap Kinerja pembelajaran guru dalam mewujudkan capaian hasil belajar siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian di KKG PAI Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut dengan jumlah responden sebanyak 73 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan kelompok kerja guru pendidikan agama Islam berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pembelajaran guru dalam mewujudkan capaian hasil belajar siswa. Artikel ini berkesimpulan bahwa capaian hasil belajar siswa dapat terwujud dengan melaksanakan kebijakan kelompok kerja guru pendidikan agama Islam dan Kinerja pembelajaran guru yang optimal.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Aedi, Nur. 2015. Dasar-dasar manajemen pendidikan. Yogyakarta: goysen publishing
Agama, K. (2010). Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Syamil Cipta Media.
Akdon. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Cet. 2
Alifuddin, Moh. 2011. Kebijakan Pendidikan Nonformal. Jakarta Timur: MAGNA Script Publishing
Al-Nawawi, Muhyi al-Din Yahya bin Syaraf. Matah Al-'Arba'in al-Nawawi. CV. Toha Putera. Semarang.
Anak Agung Gede Raka, A.A.I.N. Marhaeni, Nyoman Dantes. Volume 3. 2013. Analisis Tentang Intensitas Partisipasi Guru Dalam Kegiatan KKG dan Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Di Tinjau Dari Status Sertifikasi Pada Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Gianyar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia
Az-Zamakhsyari, Abu al-Qasim Jarullah Mahmud bin Umar bin Muhammad. 1995, cet. I. Al-Kasysyaf ‘an Haqaiqi Ghawaamidhi at-Tanziil wa ‘Uyuuni al-Aqaawiil fi Wujuuhi at-Ta’wiil, Beirut, Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah.
Budi Winarno. 2012. Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efaktif. Bandung: Yrama Widya
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta, Rineka cipta
Edi Suprijanto; Suharsimi Arikunto. Volume 9, Nomor 2, 2016. Efektivitas Pengelolaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hikmat. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia
Mahmud, M. Dimyati. 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi
Mulyasa, E. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet. Ke-3
Muslim, Sri Banun, 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeth
Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir. Kamus Arab-Indonesia.
Mustaqim, 2012. Supervisi Pendidikan Agama Islam. Rasail Media Group. Semarang.
Nawawi, I. (2012). Syarah Riyadush Shalihin. Jakarta: Gema Insani.
Pratiwi, Novi. 2014. Identifikasi Manfaat Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Menunjang Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Gugus Diponegoro Di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. SKRIPSI. Program studi pendidikan guru sekolah dasar jurusan, pendidikan pra sekolah dan, sekolah dasar fakultas ilmu pendidikan, Universitas negeri yogyakarta.
Qomar, Mujamil. 2013. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga
Priansa, Donni Junni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Alfa Beta. Bandung
Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo. Cet. Ke-4
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Kencana. Jakarta.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Saefullah, U. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Sugiyanto. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-18
Soliyah Wulandari. Volume 4. No. 1, 2014. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Jakarta
Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada. Cet. Ke-3
Suryanto dan Asep Juhad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga
Syah, Muhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-12
Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cet ke-9
Wahyudi. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta. cet. ke-4
Zuriatun Solihah, N. Dantes, W. Lasmawan. Volume 3. 2013. Studi evaluatif efektivitas kelompok kerja guru (KKG) PKn dalam pelaksanaan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di gugus SD/MI Se-kecamatan selong. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Admnistrasi KKG PAI Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut
Data Referensi Dapodikdasmen
Dokumen Guru PAI Kecamatan Cilawu
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama
Published
2022-03-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>