Pengaruh Iklim Organisasi Madrasah terhadap Motivasi Kerja Untuk Mewujudkan Kinerja Guru
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis iklim organisasi sekolah terhadap motivasi berprestasi untuk mewujudkan kinerja pembelajaran agar guru dapat mengoptimalkan kinerjanya, sehingga tercapainya tujuan pendidikan itu dilaksanakan. Guru dapat mengukur sejauh mana kinerjanya dalam melakukan proses pembelajaran terhadap siswa. Analisis deskriptif dan pendekatan penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah 50 orang anggota staf pengajar dan pendukung Pondok Pesantren Cipari. Survei, wawancara, studi observasi, dan dokumentasi adalah semua bentuk pengumpulan data. Meskipun analisis statistik model adalah teknik untuk menganalisis data yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian (analisis jalur). Angka thitung lebih besar dari nilai ttabel, dengan tingkat signifikansi 0,05 yang ditentukan dari hasil perhitungan analisis data yaitu thitung = 126,1534 > ttabel = 3,1996. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel Iklim Organisasi Sekolah (X) berpengaruh terhadap Motivasi Kerja (Y) dan Kinerja Guru, dengan Ho ditolak dan H1 disetujui (Z). Signifikansi hasil pengujian di atas didukung dengan besarnya nilai determinasi (R2YZX) sebesar 0,8916 yang juga menggambarkan besarnya kontribusi iklim organisasi sekolah terhadap motivasi berprestasi untuk mencapai prestasi belajar dan sebesar 89,16%. Variabel lain di luar model berdampak pada sisa 0,1084 atau 10,84%. Motivasi pegawai Madrasah sebesar 31,79% dipengaruhi oleh budaya organisasi. Iklim organisasi di madrasah berdampak positif sebesar 38,07 persen terhadap kinerja guru, sedangkan motivasi kerja berdampak negatif sebesar 27,52 persen.. Menurut temuan penelitian, budaya organisasi di madrasah dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Dengan demikian, mempromosikan lingkungan kerja yang menyenangkan dan menginspirasi bagi para guru akan membantu meningkatkan kinerja guru. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik lingkungan kerja dan motivasi di sekolah, maka akan semakin berdampak pada kinerja guru.
References
Al-Bukhari, Abdillah Muhammad bin Isma'il bin Ibrahim bin Mughirah bin Baridzabah. 1994. Sahih al-Bukhari. Beirut : Dar al-Kutub al-'Ilmiyah, 1994.
Al-Qurthuby, Syamsu Al-Din. Jami' al-Bayan li al-Ahkam al-Quran. Mauqi al-Tafasir (Maktabah Syamilah).
Al-Thabrani. Mu'jam al-Ausath. Mauqi' al-Islam, Maktabah al-Syamilah.
Arikunto, Suharsimi.2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Baqi, Muhammad Fuad Abdul.2015. Al-Lu’lu wal Marjan. Semarang: Ar-Ridha.
Ensiklopedi Hadits (CD) Kitab 9 Imam. 2013. Edisi revisi. Lidwa Pusaka.
Fathurrahman, Pupuh, dan Aa Suryana. 2012. Guru Profesional. Replika Aditama, Bandung.
Habibi, B. 2013, Budaya Organisasi, Kompensasi, dan kompetensi Pedagogik serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru. Cakrawala.
Hakim, Lukmanul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. CV. Wacana Prima, Bandung.
Hallinan, M.T . 2012 Teacher Influences on Students Attachment to School. Sociology of Education.
Hasibuan, Malayu, S.P., 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.
Hatta, Ahmad. 2012. The Great Quran (Referensi Terlengkap Ilmu-ilmu Al-Qur’an). Jakarta: Maghfirah Pustaka
Iskandar, Jusman. 2015. Metode Penelitian. Bandung: Puspaga.
Kosasi, Soetjipto dan Raflis. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Laboum, Joel.1955. Tafshil ayat al-Quran al-Karim. Beirut: Dar el-Fikr.
Lusita, Afrisanti. 2011. Buku Pintar Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif, dan Inovatif.. Araska. Yogyakarta.
Maktabah al-Syamilah (CD)
Ma'luf, Louis. 2014. Al-Munjid fi al-Lughah. Beirut : Dar el-Machreq, 2014.
Manzur, Abi Fadl Jamaluddin Muhammad Mukarram ibnu. Lisan al-Arabi. Beirut : Dar Sadir.
Mausu’ah al-Hadits al-Syarif (CD) kutub al-tis’ah
Mulyasa, E., 2014. Menjadi Kepala Madrasah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir.
Nasional, Departemen Pendidikan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, 2003.
Nawawi, Imam. Syarh al-Arba'in Hadits al-Nawawiyah. s.l. : PDF File.
Rivai, Veithzal. dan Mulyadi, Dedi, 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Sagala, Syaiful. 2010. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Kinerja guru. CV. Alfabeta, Bandung.
Saroni, Mohammad. 2011. Personal Branding Guru. Ar-Ruzz Medi. Jogjakarta.
Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir al-Misbah. Jakarta : Lentera Hati, 2002.
Siagian, Sondang, 2012. Teori Motivasi Dan Aplikasinya, Edisi 4. Rineka Cipta, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suherman. 2012. Pengaruh Budaya Organisasi, Efektivitas Kepemimpinan dan Stres Kerja terhadap Kinerja. Jurnal Manajemen Pendidikan.
Sumiati dan Asra. 2014. Metode Pembelajaran. CV. Wacana Prima, Bandung.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Surya, Mohammad, 2012, Psikologi Pembelajaran. Pelita Ilmu, Bandung.
Susanti, Lidia. 2019. Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi, Jakarta: Gramedia
Syah, Muhibbin, 2010, Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya, Bandung.
Uno, Hamzah B., 2021. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Wagiran, D. Junanto. 2013. Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibatan Orang tua, Aktualisasi Diri dan Motivasi kerja terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi.
Widodo. 2011. Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Penabur.
Wirawan, 2016. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Jakarta: Salemba Empat
Wirawan. 2016. Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Wiyani, NA. 2019. Pengembangan Profesi Keguruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta : Gava Media.
Emal Hadipassa, 2013. Pengaruh Iklim Organisasi Madrasah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN di Kota Sukabumi, Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Urip Supriyadi, 2011, Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah, Motivasi kerja, dan Iklim Madrasah terhadap Kinerja Guru SD Negeri Se Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah, Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lampung.
Suhendar, 2015, Pengaruh Kemampuan Manajemen Kepala Madrasah dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja guru pada SMP Negeri di Wilayah Rayon I Kabupaten Garut, Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Galuh Ciamis
Afrizal dan Kasmiruddin. 2013. Iklim Organisasi, Budaya Organisasi, dan Kinerja Guru. FISIP Universitas Riau (Jurnal)
Data administrasi Guru MA PONPES Cipari 2021.
Daftar hadir Guru MA PONPES Cipari 2021.
Data Sarana dan prasarana MA PONPES Cipari 2021-2022.
Copyright (c) 2023 Ummu Salamah, Masripah, Angga Tiana Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.