Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Mutu Lulusan Madrasah (Penelitian Di MA. Nurul Hidayah, MA. Al Muawanah, MA. Nurul Hidayatul Iman Di Kecamatan Singajaya)

  • Euis Badrotul Mukaromah Universitas Garut
  • Abdusy Syakur Amin Universitas Pasundan
  • Masripah Masripah Universitas Garut
Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Mutu Lulusan Madrasah

Abstract

Masalah pendidikan yang muncul saat ini terkait dengan rendahnya kualitas hasil belajar merupakan salah satu masalah pendidikan yang dihadapi negara ini. Kondisi ini diyakini antara lain disebabkan oleh mutu lulusan yang masih belum sesuai harapan,yang merupakan dampak dari kurang optimalnya kepemimpinan kepala madrasah dan kurang maksimalnya kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru dalam mewujudkan mutu lulusan madrasah teknik sensus dari metode deskriptif  adalah Metode yang digunakan. 57 orang guru yang menjadi sampel dari populasi  di MA Nurul Hidayah, MA. Al Muawanah, MA. Nurul Hidayatul Iman. studi dokumentasi dan studi lapangan merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan, Sedangkan model analisis jalur (path analysis) dengan analisis statistik adalah teknik analisis data yang digunakan. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisi jalur (path analysis) dengan menelaah perbedaan thitung dan ttabel diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu = thitung 22.6304 > ttabel = 2.0057 artinya H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara simultan maupun parsial variabel kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru untuk mewujudkan mutu lulusan.  Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa ada temuan-temuan penting maka untuk mengatasi permasalahan tersebut disarankan untuk: (1) Kepala madrasah melakukan penjadwalan setiap semester bersama wakil kurikulum untuk melaksanakan supervisi dan pengawasan agar bisa terlaksana (2) Guru memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dalam kegiatan belajar (3) Reward and punishment atau menerapkan aturan kartu point untuk siswa sehingga akan memupuk kebiasaan kedispilinan siswa di madrasah.

References

Abas, H. 2017. Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah, Jakarta. Elex Media Komputindo.
Helmawati. 2015. Meningkatkan Kinerja Kepala Madrasah Melalui Managerial Skills, Jakarta. Rineka Cipta Instrumen Akreditasi Sistem Pendidikan (IASP) tahun 2020
Iskandar, J. 2016. Metode Penelitian Sosial, Bandung. Puspaga
Martinis, Yamin dkk, 2010 Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta. Gaung Persada
Matin dan Fuad. 2016. Manajemen sarana dan prasarana pendidikan, Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa. 2016. Menjadi Guru Profesional, Bandung. Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2018. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta. Kalam Mulia
Rapii. 2019. pengelolaan Pendidikan, Bandung. Manggu Makmur Tanjong Lestari
Sagala. 2018. Pendekatan dan Model Kepemimpinan, Jakarta. Prenada Media
Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung. Cipta Pustaka Setia
Supardi. 2016. Kinerja Guru, Depok. Raja Grafindo Persada
Thomas. 2008. Manajemen Kepemimpinan dan Kolaborasi dalan Dunia yang Kompetitif, Jakarta. Salemba Empat
Basri. 2017. perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah (Studi Multisitus di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung) IAIN Tulungagung
Published
2022-08-30

Most read articles by the same author(s)