Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Untuk Mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa (Penelitian Di MA Darul ‘Arqam Garut)
Abstract
Permasalahan pendidikan yang terjadi saat ini yang berkaitan dengan rendahnya mutu hasil belajar adalah salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa ini. Kondisi tersebut diduga antara lain karena capaian hasil belajar yang rendah, merupakan dampak dari kurang optimalnya kompetensi guru dan motivasi kerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik sensus. Populasi yang dijadikan sampel atau responden dalam penelitian ini sebanyak 64 orang guru di MA Darul ‘Arqam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisi jalur (path analysis) 22.2284 > ttabel = 2.0003 artinya H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Hal ini menunjukan di MA Darul ‘Arqam Garut. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa ada temuan-temuan penting yang merupakan permasalahan dari variabel kompetensi guru, motivasi kerja guru, serta capaian hasil belajar siswa, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut disarankan untuk: (1) menyekolahkan guru dengan jurusan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, untuk yang sudah linier dari madrasah harusnya diajukan untuk dapat sertifikat pendidik (2) kepala madrasah memberikan pembinaan pada guru-guru yang kehadirannya kurang dan memberikan punishment (3) Menyesuaikan guru antara mata pelajaran yang diampu dengan kualifikasi pendidikan terakhir.
References
Alqur,an Al-karim. (2015). Departemen Agama RI. Bandung : Darus Sunnah.
Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11-21.
Bloom, Benjamin S., etc. 1956. Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.
Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu dan Tenaga Kependidikan Depdiknas.
Erlina, F. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Butik Hijab Fashion Di Onokabe (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung).
E. Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamzah B,Uno. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara
Hanafi, M. M. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Teras.
Hasibuan. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hikmat, M. M. (2011). Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
H.M.Arifin, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)
Iskandar, J. (2016). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Puspaga
Iskandar, J. (2017). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Puspaga
Iskandar, J. (2019). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Puspaga
Iskandar, J. (2020). Modul Mata Kuliah Metode Penelitian. Garut: Pasca Sarjana Universitas Garut.
Jatikom. (2018). Peningkatan Pendidikan Di Indonesia (Online), (https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/forum/showthread.php?tid=18430 diakses pada 12 Mei 2021.
KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka : Jakarta
Medan: Madenatera. Ainanur, A., & Tirtayasa, S. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1)
Mulyana, D. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oemar, Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Prabu, Anwar Mangkunegara. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Ramayulis. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rohiat. (2018). Manajemen Sekolah. Bandung : PT. Refika Aditama.
Saebani, Basri. (2016). Ilmu Pendidikan Islam Jilid II. Bandung: CV Pustaka Setia
Shulhan, M. (2015). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta: Teras.
Sobirin. 2018. Kepala Sekolah, Guru dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Nuansa
Soelastri, Eti. 2019. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Teman Belajar
Siagian. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Siregar, Nara.(2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Sudjana, N. (1988). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta
Supardi. 2016. Kinerja Guru. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Suprihatiningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sobirin. 2018. Kepala Sekolah, Guru dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Nuansa
Tafsir, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zen, S. &. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana
Buku Kurikulum 2021-2022 MA Darul Arqam Garut
PP No.74 Tahun 2008 Tentang Guru
UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Nastiti Amalda. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Disiplin Kerja Guru, Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Aroma Fatimah Azzahra. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Copyright (c) 2022 Neng Khoerunisa Sri Mulya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.