Pengaruh Motivasi Kerja Dan Penghayatan Etika Profesi Guru Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SD, SD.IT Se Kecamatan Cibiuk Dan Leuwigoong Kabupaten Garut).
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi kerja dan penghayatan etika profesi guru terhadap kinerja guru dalam mewujudkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi renponden dalam penelitian ini adalah guru PAI Se-Kecamatan Cibiuk dan Leuwigoong sebanyak 102 orang, karena tidak dilakukan pengambilan sampel.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja dan penghayatan etika profesi guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam mewujudkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Artikel ini berkesimpulan bahwa motivasi kerja dan penghayatan etika profesi guru dapat terwujud dengan melaksanakan kinerja guru demi mewujudkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang optimal.
References
Arikunto. 2011, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.
Departemen Agama RI 2010, Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta
Dharma Surya, 2014. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Ditjen PMTK Kemendiknas
Djaman Satori. 2011. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka
E. Mulyasa 2015, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya Engkoswara 2015 Motivasi Bandung, Angkasa.
Eti Rochaety, 2011. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Harjanto,2010. Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara Harjanto. 2010, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta. Hasibuan. 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Indrawijaya, 2010. Teori, Perilaku, dan Budaya Organisasi .Bandung: Refika Aditama
Iskandar, Jusman. 2015. Metode Penelitian. Bandung: Puspaga Iskandar, Jusman. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Puspaga Juanda, A. 2017. Etika Profesi, Keguruan. Jakarta: Cv Elsi Pro
Kartini, A. 2014. Analisis Kinerja , Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Martinis Yamin dan Maisah. 2010. Kepemimpinan dan manajemen masa depan. Bogor: IPB Press.
Martinis Yamin dan Maisah. 2014. Pembelajaran siswa. Bogor: IPB Press. Mohamad Surya 2014, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung:Pustaka Bani Quraisy.
Muhibin Syah, 2013 Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mustofa, H. W. S. 2013. Kode Etik Hakim. Bandung: Prenada Media.
Nitisemito, 2012. Manajemen Personalia Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kelima,
Ridwan, 2016, Metodologi Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Robbins 2011. "Perilaku organisasi." Edisi kesepuluh. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia
Sanusi, A. 2013. Kinerja Dalam Pendidikan. Bandung: Grafindo Media Pratama. Sarwoto, 2016, Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen, cetakan VII, Ghalia Sawali. 2015. “Kode Etik Guru Indonesia serta Dewan Kehormatan dan Prosedur Operasional Kode Etik Guru Indonesia”.
Sianipar, 2011, Belajar Memahami dan Eksploras,i Penerbit: Informatika Bandung
Soetjipto dan Raflis Kosasi, 2015. Profesi Keguruan. Jakarta : Rineka Cipta Sudarwan Danim 2014, Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas, Bandung:Pustaka Setia.
Sugiyono 2014, Statistik Untuk Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Supardi, 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Syagala, Saepul, 2014. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung Rosdakarya
Uno, Hamzah B 2014, "Teori Motivasi dan Pengukurannya." Jakarta: Ina Publikatama.
Usman, 2015. Menjadi Guru Profesional, Bandung:PT Remaja Rosda Karya Veithzal Rivai, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan.Jakarta: Rajawali Pers.
W. J. S. Poerwadarminta, 2014. Kamus umum bahasa Indonesia, Bandung: Balai Pustaka, 1961
Walgito, B. 2014. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: CV Andi Offse
Wijaya , 2011. Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia, Bandung:Rosda
Winardi , 2014. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers
Copyright (c) 2021 Deni Sahroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.