Pengaruh Perilaku organisasi sekolah Terhadap Motivasi kerja guru Untuk Mewujudkan Efektivitas pembelajaran (Penelitian di SMP dan SMK Al-Hikmah)

Penulis

  • Ajang Abdul Karimadin Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i02.66

Kata Kunci:

Perilaku Organisasi Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Efektivitas Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku organisasi sekolah terhadap motivasi kerja guru untuk mewujudkan efektivitas pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Lokasi penelitian di SMP dan SMK Al-Hikmah dengan jumlah responden sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku organisasi sekolah berpengaruh terhadap motivasi kerja guru dalam mewujudkan efektivitas pembelajaran di SMP dan SMK Al-Hikmah. Artikel ini berkesimpulan bahwa efektivitas pembelajaran dapat terwujud dengan baiknya perilaku organisasi sekolah dan motivasi kerja guru yang optimal.

Referensi

Agama, K. (2010). Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Syamil Cipta Media.
Akdon. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Cet. 2
Alim, Aim Nurul. Volume. 01; Nomor. 01. 2017. Pengaruh Penghayatan Etika Profesi terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Efektivitas Program Pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Ulfah Malangbong Garu. Khazanah Akademia
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efaktif. Bandung: Yrama Widya
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta, Rineka cipta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hikmat. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia
Iskandar, Jusman. 2018. Metoda Penelitian. Bandung: Puspaga Bandung
Puspanidra, Tiara. Volume 1 No 1. 2017. Pengaruh Iklim Komunikasi Dan Perilaku Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. (Studi pada Pegawai Negeri Sipil Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor). Wahana.
Priansa, Donni Junni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Alfa Beta. Bandung
Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Kencana. Jakarta.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Saefullah, U. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada. Cet. Ke-3
Suryanto dan Asep Juhad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga
Syah, Muhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. Ke-12
Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cet ke-9
Wahyudi. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta. cet. ke-4
Admnistrasi Dokumen SMP Al-Hikmah kecamatan Tarogong Kaler
Admnistrasi Dokumen SMK Al-Hikmah kecamatan Tarogong Kaler
Data Referensi Dapodikdasmen
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama

Diterbitkan

2022-03-28

Cara Mengutip

Abdul Karimadin, A. (2022). Pengaruh Perilaku organisasi sekolah Terhadap Motivasi kerja guru Untuk Mewujudkan Efektivitas pembelajaran (Penelitian di SMP dan SMK Al-Hikmah). Khazanah Akademia, 3(02), 71–79. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i02.66