Pengaruh Pelaksanaan Program Pembinaan Kesiswaan Terhadap Kinerja Guru Pembina Kesiswaan Untuk Mewujudkan Partisipasi Siswa (Studi Kasus Di SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut)

Penulis

  • Atik Mardianti Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i02.63

Kata Kunci:

Pelaksanaan Program, Kinerja Guru, Partisipasi Siswa

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi dalam bidang pendidikan diantaranya adalah  partisipasi siswa yang masih rendah. Kondisi tersebut disebabkan oleh kinerja guru pembina kesiswaan yang kurang optimal dan dampak dari rendahnya pelaksanaan program pembinaan kesiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengaruh pelaksanaan program pembinaan kesiswaan terhadap kinerja guru pembina kesiswaan untuk mewujudkan partisipasi siswa di SMA Ciledug Al Musaddadiyah Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program pembinaan kesiswaan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pembina kesiswaan (Y) dalam mewujudkan partisipasi siswa (Z) maka dilakukan pengujian diperoleh nilai Fhitung sebesar 8,0755  lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 1,9794. Signifikansi nilai hasil pengujian di atas, didukung pula oleh nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,3447 dan menunjukkan besarnya kontribusi variabel pelaksana program pembinaan kesiswaan (X) terhadap kinerja guru pembina kesiswaan (Y) dalam mewujudkan partisipasi siswa (Z) sebesar 34,47 %. Hasil pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa program pembinaan kesiswaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Pembina kesiswaan, program Pembina kesiswaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi siswa ,kinerja guru pembina kesiswaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi siswa.

Referensi

E, Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gagne dan Berliner. 1984. Teori Belajar Behavioristik dan Penerapannya dalam Hasibua. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Iskandar, Jusman. 2017. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Puspaga.
Iskandar, Jusman. 2016. Kapita Selekta Teori Administrasi Negara. Bandung: Puspaga.
Koontz, harold. Cyril O’Donnell dan heinz Weihrich. 2011. Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Kompri. 2014. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Langeveld. 2006. Diktat Tim Penyusun Pengantar Pendidikan. Bandung: Graha Media.
Muhroji, dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah Surakarta Press.
Mujamil Qomar. 2007. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Moh. Uzer Usman dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Proses pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Pidarta, Made. 2004. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Saefullah, U. 2013. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Shibab, Muhammad Quraish. 2007. Pengantin Al-Quran. Jakarta: Lentera Hati.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative learning: Teori, Riset dan praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparlan Suhartono. 2007. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ae-Ruzz Media.
Winardi. 2004. Pengantar Ilmu Manajemen. Bandung: Alumni.
Fufind, Oscar Gare. 2013. Pembinaan Kesiswaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP. I. (I). Hlm. 444-461.
Undang-undang Nomor 29 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Agama No. 60 Tahun 2015.
Peraturan menteri pendidikan nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Program pembinaan kesiswaan.
Buku Catatan Kasus SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut Tahun Pelajaran 2019-2020.
Profil SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut Tahun Pelajaran 2019-2020.
Website Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat. 2018.

Diterbitkan

2022-03-24

Cara Mengutip

Mardianti, A. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Program Pembinaan Kesiswaan Terhadap Kinerja Guru Pembina Kesiswaan Untuk Mewujudkan Partisipasi Siswa (Studi Kasus Di SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut) . Khazanah Akademia, 3(02), 42–48. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i02.63