Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Guru Untuk Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa

Penulis

  • Bilqis Fauzi Islamiah Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i02.60

Kata Kunci:

Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kompetensi Guru, Prestasi Belajar Siswa

Abstrak

Latar belakang yang terdapat pada penelitian ini didasarkan pada adanya permasalahan pada prestasi belajar siswa di MTs Rais’ul Ulum Limbangan dan MA Rais’ul Ulum Limbangan yang disebabkan antara lain oleh kompetensi guru yang belum optimal, serta kepemimpinan kepala madrasah yang perlu ditingkatkan. Dengan adanya penelitian ini maka dapat diketahui bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kompetensi guru untuk mewujudkan prestasi belajar siswa. Dalam hal ini, metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penelitian tersebut. Kemudian populasi dalam penelitian adalah sebanyak 51 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling sensus. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi serta studi lapangan, yang terdiri dari observasi, angket dan wawancara. Hipotesis penelitian tersebut dijawab oleh teknik analisis data dalam model analisis jalur (path analysis).

Referensi

Amin, A., Ilmu, J. K., & P-issn, B. I. (2019). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam P-ISSN: 2088-7981 E-ISSN: 2685-1148. 5(1), 49–58.
Arinda Firdianti. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Gre Publishing.
Halid Hanafi. (2019). Ilmu Pendidikan Islam.
Hilmi, A. H. (2018). Pengaruh motivasi guru terhadap kompetensi guru dalam mewujudkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam. Khazanah Akademia, 2(2580–3018), 85–93. http://journal.uniga.ac.id/index.php/K/article/view/334.
Iskandar, J. (2016). Metode Penelitian Sosial. Puspaga.
Novianty Djafri. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Deepublish.
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi.
Suprihatiningrum, J. (2014). Guru Profesional. Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media .
Sudjana. Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2022-03-24

Cara Mengutip

Fauzi Islamiah, B. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Guru Untuk Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 3(02), 49–54. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i02.60