PENGARUH MANAJEMEN MADRASAH TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN UNTUK MEWUJUDKAN MUTU LULUSAN
DOI:
https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v9i02.580Kata Kunci:
Madrasah, Manajemen Madrasah, Efektivitas Pembelajaran, Mutu LulusanAbstrak
Permasalahan pendidikan yang terjadi saat ini yang berkaitan dengan rendahnya mutu lulusan adalah salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa ini. Kondisi tersebut diduga antara lain karena efektivitas pembelajaran belum optimal, merupakan dampak dari belum manajemen madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh manajemen madrasah terhadap efektivitas pembelajaran untuk mewujudkan mutu lulusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang disesuaikan dengan tujuan penelitian dalam penelitian ini sebanyak 57 orang guru di MTs YPI An-Nur Malangbong Garut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisi jalur (path analysis) yaitu dengan melihat perbandingan bahwa thitung dan ttabel diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu = thitung 5,2247> ttabel = 2,0057 artinya H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara simultan maupun parsial manajemen madrasah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran untuk mewujudkan mutu lulusan di MTs YPI An-Nur Malangbong Garut. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa ada temuan-temuan penting yang merupakan permasalahan dari variabel koordinasi komite madrasah dengan kepala madrasah, manajemen madrasah, mutu lulusan maka untuk mengatasi permaslahan tersebut disaranakan untuk: (1) Pelaksanaan manajemen madrasah melakukan pengawasan dan evaluasi dengan menentukan pengukuran pelaksanaan kegiatan (2) Madrasah memberi sarana terhadap guru untuk mengembangkan kemampuanya dalam menggunakan media pembelajaran (3) Guru memperbaiki sistem pembinaan, dengan metode-metode yang dapat memotivasi siswa dan orang tua ikut andil dalam membimbing siswa.
Referensi
Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hasrian,2021. Manajemen Peserta Didik: Medan, Umsupress
Hidayat Rahmat. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya” Penerbit LPPPI, Medan
Iskandar, J. 2020. Modul Mata kuliah Metode Penelitian. Garut: Pasca Sarjana Universitas Garut.
Tafsir, Ahmad. 2016. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tatang Khoerudin Tatang

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.