Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Dalam Mewujudkan Minat Calon Orang Tua Siswa

Authors

  • Asep Saepudin Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i01.64

Keywords:

Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru, Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru, Minat Calon Orang Tua Siswa

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh pelaksanaan kebijakan PPDB terhadap manajemen PPDB dalam mewujudkan minat calon orang tua siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan tehnik survey. Populasi yang dijadikan sampel atau responden dalam penelitian ini sebanyak 32 orang guru di SMP IT Daarul Amiin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kebijakan PPDB positif secara signfikan terhadap manajemen PPDB dan minat calon orang tua siswa. Adapun pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa pelaksanaan kebijakan PPDB memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap manajemen PPDB, pelaksanaan kebijakan PPDB memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat calon orang tua siswa, manajemen PPDB pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat calon orang tua siswa di SMP IT Daarul Amiin.

References

Ali Imron. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, PT. Bumi Aksara, Jakarta
Bakar, Osman, Tawhid and Sicence: Islamic Prespectives on Religion and Science, Terj. Yulianto Liputo dan M.S Nasrulloh. (2008). Tauhid dan Sains: Prespektif Islam tentang Agama dan Sains, Pustaka Hidayah, Edisi Kedua dan Revisi, Bandung
Hamzah, (2016), Teori Motivasi dan Pengukurannya, Bumi aksara, Jakarta
Hasibuan, Malayu, S.P, (2011). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Edisi Revisi. Bumi Aksara, Jakarta
Hasibuan, Malayu, S.P.,. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta
Iskandar, Jusman. (2015). Indeks dan Skala dalam Penelitian. Puspaga, Bandung
Iskandar, Jusman. (2015). Metode Penelitian, Puspaga, Bandung
Jalal, Fasli (Ed),. (2009). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah, Adi Cita Karya Nusa Kerja sama dengan Depdiknas, Bappenas, Yogyakarta.
Lismijar. (2015). Tanggung Jawab Orang Tua TerhadapPendidikan Anak (Dalam Perspektif Surat At-Tahrim Ayat 6, Islamic Studies, Yogyakarta
Manullang, M. (2008). Dasar-dasar Manajemen, UGM Press , Yogyakarta
Muhibbinsyah. (2003). Psikologi Pendidikan, Remaja Rosda Karya, Bandung
Mulyasa, E., (2005). Menjadi Kepala Sekolah Professional, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Nasional, Departemen Pendidikan. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta
Riant Nugroho, (2009). Kebijakan Pendidikan, Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik, Pustaka Pelajar, Cet.II, Yogyakarta
Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah – Teori-teori Dasar dan Praktik, PT. Refika Aditama, Bandung
Sagala, Syaiful. (2002). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, CV. Alfabeta, Bandung
Siagian, Sondang, (2011). Teori Motivasi Dan Aplikasinya, Edisi 4. Rineka Cipta, Jakarta
Suharto, Edi. (2010). Analisa Kebijakan Publik – Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial, Alfabeta, Bandung
Suryosuboto, B. (2004). Manajemen Pendidikan edisi sekolah. PT. Rineka Cipta : Jakarta

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Saepudin, A. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Dalam Mewujudkan Minat Calon Orang Tua Siswa. Khazanah Akademia, 3(01), 32–41. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i01.64