Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat dalam Pengurusan Kartu Identitas Penduduk dan Dokumen Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut

Penulis

  • Zaky Zaenal Ma’ruf Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.18

Kata Kunci:

Persyaratan Teknis, Persyaratan Administratif, Prosedur Bagi Pemberi Layanan, Prosedur Bagi Penerima Layanana, Jangka Waktu Pelayanan, Hasil Pelayanan, Pengetahuan Pelaksan

Abstrak

Pelitian ini bertujuan untuk menganalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat dalam Pengurusan Kartu Identitas Penduduk dan Dokumen Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Responden dalam penelitian ini adalah individu atau masyarakat yang sedang mengurus atau baru saja menyelesaikan pengurusan KTP dan dokumen kependudukan pada Dinas Pencatatan Kependudukan Sipil di Kabupaten Garut secara simple random sampling didapatkan, menurut hasil sampling didapatkan 96 responden. Alat bantu pengolahan data yang digunakan adalah setatical peckage for social science (SPSS) versi 22. Hasil analisa menjelaskan empat belas faktor yang ditentukan sebelumnya yaitu, persyaratan teknis, persyaratan administratif, prosedur bagi pemberi layanan, prosedur bagi penerima layanana, jangka waktu pelayanan, hasil pelayanan, pengetahuan pelaksan, keahlian pelaksana, keterampilan pelaksana, pengalaman pelaksana, tatacara penangan dan tindak lanjut pelayanan, tatacara penanganan tindak lanjut saran, sarana dan prasarana. Semua variabel faktor dinyatakan layak untuk dianalisi lebih lanjut berdasarkan analisis KMO dan Bartlett’s Test hal ini menunjukan bahwa ke empat belas faktor yang ditentukan dalam penelitian untuk menjadi pertimbangan kepuasan masyarakat. Dari ke empat belas faktor seecara optimal terbentuk empat faktor menurut hasil Rotated Component Matrixa

Referensi

Boediono, A., Suzuki, T., Li, L. Y., & Godke, R. A. (1999). Offspring born from chimeras reconstructed from parthenogenetic and in vitro fertilized bovine embryos. Molecular Reproduction and Development: Incorporating Gamete Research, 53(2), 159-170.
Gaffar, A. (2009). Republik Desa Pergulatan Hukum Tradisional dan Hukum Modern dalam Desain Otonomi Desa. Alumni. Bandung.
Iskandar, J. (2016). Metode Penelitian Administrasi. Puspaga, Bandung.
Kharisma, V. D. Anwar dan Supranoto. 2013.“Implementasi Kebijakan Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD)”. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(2).
Kurniawan, D. S. A., & Nadirsyh, S. A. (2017). Pengaruh Independensi Auditor, Integritas Auditor, Profesionalisme Auditor, Etika Profesi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Auditor Di Bpk Perwakilan Provinsi Aceh. Jurnal Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Unsyiah, 6(3).
Lutfi Agung Kurniawan (2016). Implementasi Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan di Kota Surabaya. Publika, 4(9).
H.A.S Moenir. 2014. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Mossallanejad, E., & Hull, R. T. (2012). Religions and the Cruel Return of Gods. Zagros Editions.
P. Sinambela. (2010) Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Kecamatan Pontianak Utara. PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 7(1).
A Izudin, Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik dalam mewujudkan good governance di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta, Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2019 - researchgate.net
S Wahyudi, J Lavinia - Jurnal Hospitality dan Manajemen …, 2016 - publication.petra.ac.id
Christine Jienardy, GAP ANALISIS PERSEPSI DAN EKSPEKTASI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN, HARGA, KUALITAS PRODUK ESUS, Fakultas Manajemen dan Bisnis, Universitas Ciputra, Surabaya, 2017
Y Rukayat Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu - Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 2018 - jurnal.unnur.ac.id
N Siti Maryam, Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik- JIPSI-Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi …, 2017 - repository.unikom.ac.id
H Hardiyansyah Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya, 2018 - eprints.binadarma.ac.id
Y Eliza, Analisis Kepuasan Masyarakat Atas Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 2015 - neliti.com
IAR Widiari, GS Darma, Evaluasi Kinerja Pegawai Kontrak Melalui Tujuh Kompetensi Spencer Pada Pelayanan Denpasar Sewerage Development Project (DSDP) - Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2019 - journal.undiknas.ac.id
N Callista – Agora, Pengaruh Kompetensi SDM Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Tresnamuda Sejati Cabang Surabaya, 2016 - publication.petra.ac.id
T Hasan, HUBUNGAN ANTAR VARIABEL DAN TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL SEBUAH TANGGAPAN, TRANSAKSI, 2018 - ejournal.atmajaya.ac.id

Diterbitkan

2022-01-13

Cara Mengutip

Ma’ruf , Z. Z. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat dalam Pengurusan Kartu Identitas Penduduk dan Dokumen Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut. Jurnal Publik, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.18