Kualitas Pelayanan Perekaman E-Ktp
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v16i02.125Kata Kunci:
Kualitas, Pelayanan, Perekaman E-KTPAbstrak
Kualitas pelayanan perekaman e-KTP di Kecamatan Cigeudug Kabupaten Garut di indikasi adanya permasalahan terkait dengan pelayanan perekaman E-KTP yang lambat dalam memberikan pelayanan serta berbelitnya prosedurnya, adapaun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana kuaitas pelayanan Perekaman E-KTP di Kecamatan Cigeudug Kabupaten Garut. Meode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, adapun tekhnik pengambilan dapat melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian bahwa dari sisi dimensi reliability, Responiviness, Empaty dan tangible dalam perekaman E-KTP prinsipnya sudah berjalan dengan baik, namun terdapat beberapa hambatan dalam pelayanan perekaman E-KTP di Kecamatan Cigeudug Kabupaten Garut adalah hambatan yang bersipat internal diantaranya adalah kualitas sumber daya manusia yang masih kurang dilihat dari kompetensinya, kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia sehingga perangkat yang digunakan terkadang eror atau jaringan tidak setabil, sedangkan hambatan eksternal adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap sistem kependudukan dan pentingnya dokumen kependudukan, dan untuk mengantisipasinya adalah adanya pemeliharaan perangkat dan jaringan yang tersedia sehingga bisa meminimalisir kendala-kendala yang terjadi dan memberikan pemahaman terhadap masyarakat dengan mensosialisasikannya dengan cara memasang spanduk dan memberikan informasi ketika ada kegiatan-kegiatan di kampung-kampung melalui Camat Cigeudug.
Referensi
Gilang, 2007, Bentuk Pelayanan, Yogyakarta. Insani,
Handayaningrat, Soewarno, (1996). Pengantar Studi Ilmu Administrasi Dan Manajemen. Jakarta: PT. Gunung Agung
Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media
Hasibuan, Malayu S.P. (2007), Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kencana Syafiie, Inu. (2006), Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Kartiwa, Asep dan Nugraha. (2012). Mengelola Kewenangan Pemerintahan. Garut : Lepsindo
Lembaga Administrasi Negara. (2004). Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (SANKRI); Dalam landasan dan pedoman pokok penyelenggaraan dan pengembangan system administrasi negara
Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi. kedua. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta
Moenir H.A.S. (2010). Manajemen Kantor. Jakarta: Yudhistira
Moenir H.A.S. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Pasolong, Harbami. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Garut: CV Alfabeta
Permendagri 109 Tahun 2019 Tentang Formulir Dan Buku Yang Digunakan Dalam Administrasi Kependudukan
Ratminto & Atik Septi Winarsih. (2012). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ratminto dan Winarsih A. S, 2005. Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konsepsual: Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Jakarta, Pustaka Pelajar.
Rahmawati. Yenny. (2017). Kualitas pelayanan publik di kantor administrasi kependudukn dan pencatatan sipil kabupaten wonosobo. Universitas Negeri Yogyakarta
Sedarmayanti. (2007) Sumber Daya Manusia dan Produktivita Kerja. Garut: Ilham Jaya
Siagian, Sondang P. (2007), Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Jakarta: Bumi Aksara
Sinambela, Lijan Poltak. (2011). Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Administratif (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Garut: Alfabeta.
Sulistio, Budi dan Budi, Waspa Kusuma (2009) Birokrasi Publik (persfektif Ilmu Administrasi Publik. Bandar Lampung: CV. Bandranaya
Supriatna, Tjahya, (2007), Dimensi Pemerintahan dan Kebijakan Publik, Jakarta: STIA Mandala
Suradinata, Ermaya (2005) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Gahlia
Toha Miftah (2006), Dimensi – dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Tjiptono, Fandy. (2005). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy, 2007, Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Penerbit Andi
Tjokroamidjojo, Bintoro. (2010). Perencanaan Pembangunan. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang tujuan pelayanan publik
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License