Melihat Peluang Media Sosial Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Kalangan Mahasiswa

Penulis

  • Gary Leonard Hendrik Universitas Famika
  • Sri Ayu Nurmalia Kaharuddin Universitas Famika
  • AR Hidayat Universitas Famika

DOI:

https://doi.org/10.52434/jesm.v4i01.599

Kata Kunci:

Media Sosial, Kewirausahaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peluang Media Sosial dalam menumbuhkan jiwa Kewirausahaan dilakangan mahasiswa. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah tingkat intensitas penggunaan media sosial dikalangan anak muda khususnya para mahasiswa. Data PBS tahun 2024, jumlah penguna media sosial dari segi usia rentang 18 - 34 tahun sebesar 54,1% dengan intensitas 3 jam 14 menit perhari. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 157 mahasiswa aktif pada Universitas Famika. Hasil dari pengumpulan kuesiner mengenai intensitas penggunaan media sosial per hari selama 1 -3 jam perhari sebanyak 37,6% dan intensitas 4 - 7 jam sebanyak 36,9%. Sementara itu dari pernyataan “media sosial banyak menyajikan peluang usaha” sebanyak 47,8% menyatakan “sangat setuju” serta 49,7% menyatakan ‘setuju”. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peluang media sosial dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan sangat terbuka melihat intensitas penggunaan media sosial sehari-hari serta banyaknya informasi kewirausahaan yang dapat diperoleh dari postingan di media sosial.

Kata kunci: Media Sosial, Kewirusahaan.

Referensi

Anita, Nur dkk (2023). Asuhan Kebidanan Remaja & Menopause. Bandung : Kaizen Media Publishing

Badan Pusat Statistik. (2024). https://rri.co.id/iptek/721570/ini-data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024. Diakses tanggal 28 September 2025 pukul 17:40 wita

Hazizah, S. N., dan Nasution, M. I. P. (2022). Peran Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. ISSN : 2622 - 2191. Vol 5, No. 4.

Indoworo, H. E. (2016). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Media Sosial. Jurnal Informatika Upgris. ISSN No. 2477-6645. Vol 2, No. 1.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Mariyono, Dwi (2024). Menguasai Penelitian Kualitatif : Metode, Analisis Terapan, dan Arah Masa Depan. Surabaya : Cipta Media Nusantara

Minazzi, R. (2015). Social Media Marketing in Tourism and Hospitality. London: Springer International Publishing

Pasulu, M, Nur Aini dan Meldilianus Nabas J. Lenas. (2024). Pengenalan Dasar-Dasar Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif. Makassar : Idebuku

Siagian, A.O., Martiwi, R., dan Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk dalam Memanfaatkan Media Sosial di Era Digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif. ISSN No. 2598-0823. Vol 3, No. 3.

Sumerta, I Komang dkk (2020). Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Perguruan Tinggi Di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ISSN : 2337-3067.

Diterbitkan

2025-10-31

Cara Mengutip

Gary Leonard Hendrik, Sri Ayu Nurmalia Kaharuddin, & AR Hidayat. (2025). Melihat Peluang Media Sosial Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Kalangan Mahasiswa. Journal of Entrepreneurship and Strategic Management, 4(01), 27–36. https://doi.org/10.52434/jesm.v4i01.599