Imbuhan-pe Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Mahasiswa terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Menerapkan Tata Kelola di Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Pemasaran Pendidikan

Penulis

  • Putri Nurul Sekartaji Sekartaji Universitas Garut
  • Minto Yuwono Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jesm.v4i01.518

Kata Kunci:

Marketing, education, student

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa dalam konteks penerapan tata kelola akademik di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). PTS sebagai penyedia jasa pendidikan menghadapi tantangan dalam meningkatkan daya saing dan kualitas layanan, di tengah tingginya biaya pendidikan dan pertumbuhan PTS baru yang pesat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka terhadap literatur dan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang mempertimbangkan perilaku konsumen, segmentasi pasar, dan citra institusi, serta kualitas pelayanan yang meliputi aspek keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti fisik, berperan penting dalam membentuk tingkat kepuasan mahasiswa. Selain itu, pengaplikasian tata kelola akademik melalui arus informasi yang terbuka dan program pelatihan bagi staf juga terbukti mendukung peningkatan kualitas kinerja pendidikan. Oleh karena itu, kegiatan antara strategi pemasaran, kualitas pelayanan, dan tata kelola akademik sangat untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa serta kompetisi PTS secara berkelanjutan.

Referensi

Ramadhan, F., & Yusuf, S. (2020). Strategi Pemasaran Universitas Singaperbangsa Karawang . Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 88-95.
Romli, H. M. (2020). Strategi Pemasaran Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Wahana Media Ekonomika, 296-302.
Sartika, D. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Sekolah Tinggi ilmu Tarbiyah (STIT) Simeulue Aceh Melalui Pendekatan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 102-116.
Sudrajat, A. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Akademik dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Loyalitas Mahasiswa Terhadap Loyalitas Mahasiswa di Universitas Superbangsa Karawang. Value Journal of Management and Business, 35-42.
Sukidin, Widagdo, S., & Amrulloh, M. S. (2023). Dampak Dampak dan Strategi Tata Kelola Akademik terhadap Kualitas Kinerja Pendidikan Perguruan Tinggi Swasta. Journal of Business Management, 26-28.

Diterbitkan

2025-10-31

Cara Mengutip

Sekartaji, P. N. S., & Minto Yuwono. (2025). Imbuhan-pe Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Mahasiswa terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Menerapkan Tata Kelola di Perguruan Tinggi Swasta (PTS): Pemasaran Pendidikan. Journal of Entrepreneurship and Strategic Management, 4(01), 01–07. https://doi.org/10.52434/jesm.v4i01.518