Analisis Konseptual Pengaruh Manajemen Mutu Terhadap Kepuasan Pasien Dalam Konteks Wilayah Urban, Rural, Dan Terpencil
DOI:
https://doi.org/10.52434/jesm.v4i01.519Kata Kunci:
Disparitas layanan kesehatan, SERVQUAL, SWOT, TWOS, PuskesmasAbstrak
Pelayanan kesehatan primer melalui Puskesmas berperan strategis dalam menjamin akses layanan yang berkualitas, khususnya di daerah dengan keragaman geografis seperti Kabupaten Garut. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara konseptual hubungan antara manajemen mutu dan tingkat kepuasan pasien Puskesmas, dengan mempertimbangkan peran konteks wilayah (perkotaan, pedesaan, dan terpencil). Menggunakan pendekatan narrative literature review, studi ini menganalisis berbagai literatur empiris dan kebijakan nasional terkait mutu layanan, serta mengintegrasikan model Donabedian dan SERVQUAL sebagai kerangka teoritik. Hasil kajian menunjukkan bahwa perbedaan infrastruktur, SDM, dan akses teknologi antarwilayah memengaruhi persepsi pasien terhadap mutu layanan, yang pada gilirannya berdampak pada kepuasan dan loyalitas pasien. Analisis SWOT dan TOWS merekomendasikan strategi adaptif berbasis wilayah, termasuk supervisi jarak jauh, pelatihan kader lokal, dan pemanfaatan teknologi sederhana. Kajian ini menegaskan pentingnya pendekatan manajemen mutu yang responsif terhadap konteks lokal dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan primer di Indonesia.
Referensi
Cahyono, A. D. (2021). (Library Research) Peranan Pengembangan Manajemen Kinerja Tenaga Administrasi Kesehatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. Jurnal Ilmiah Pamenang, 3(2). https://doi.org/10.53599/jip.v3i2.81
Ding, S., Fontaine, T., Serex, M., & Sá dos Reis, C. (2024). Strategies enhancing the patient experience in mammography: A scoping review. In Radiography (Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.radi.2023.11.016
Effendi, N., Marthika, M., & Harahap, D. (2020). Service Quality And Satisfaction Patient As A Key To Enhance Loyalty Patient Dentist In Bungo Regency (Study Of Patient Health Bpjs Rinsan Manik). https://doi.org/10.4108/eai.8-10-2018.2288723
Hikmah, N., Rahman, H., & Puspitasari, A. (2020). Membandingkan Ketimpangan Ketersediaan Tenaga Kesehatan Puskesmas di Wilayah Indonesia Timur. Window of Public Health Journal. https://doi.org/10.33096/woph.v1i1.8
Lubis, F. A., & Nasution, M. I. P. (2024). Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pada Rumah Sakit Columbia Asia Medan. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 2(1). https://doi.org/10.59024/jise.v2i1.544
Moayed, M. S., Khalili, R., Ebadi, A., & Parandeh, A. (2022). Factors determining the quality of health services provided to COVID-19 patients from the perspective of healthcare providers: Based on the Donabedian model. Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.967431
Mulfatun, A., Sabilu, Y., & Suhadi, S. (2024). Implementasi Program Promotif Dan Preventif Di Puskesmas Pasir Putih Kecamatan Pasir Putih Tahun 2023. Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan Universitas Halu Oleo, 4(4). https://doi.org/10.37887/jakk.v4i4.46986
Putri, A. A., Hermina, T., & Suganda, F. R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cipanas Garut. Journal of Knowledge Management, 17(1). https://doi.org/10.52434/jkm.v17i1.3141
Rahayuningsih, L. A. S., & Cahyaningrum, N. (2023). Pengaruh Sikap Empati Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien: Meta Analisis. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 13(2). https://doi.org/10.47701/infokes.v13i2.3130
Rukmini, R., & Kristiani, L. (2021). Gambaran Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Tradisional pada Penduduk Lanjut Usia di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 24(1). https://doi.org/10.22435/hsr.v24i1.3843
Setyadi, D. (2023). The effect of electronic medical records on service quality and patient satisfaction: A literature review. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/jrssem.v2i12.500
Suharmiati, S., Laksono, A. D., Nantabah, Z. K., & Kristiana, L. (2023). Urban-Rural Disparities In Traditional Health Service Use In Indonesia: A Cross-Sectional Study. Journal of Southwest Jiaotong University, 58(3). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.58.3.32
Wahyudi, I., & Handiyani, H. (2023). Peran Perawat Manajer Pada Pelayanan Kesehatan Primer: Studi Literatur. Jurnal Sahabat Keperawatan, 5(01). https://doi.org/10.32938/jsk.v5i01.4032
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aida Triani, Minto Yuwono

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













