Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pengguna Smartphone Xiaomi Di Kota Garut)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jesm.v2i01.177Kata Kunci:
EWOM, Inovasi Produk, Minat BeliAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh EWOM dan inovasi produk terhadap minat beli konsumen. Metode yang dilakukan yaitu melalui menggambarkan hasil dari penelitian yaitu menggunakan metode deskriptif dan asosiatif. Adapun ciri-ciri populasi ini yaitu pengguna Xiaomi di Garut. Menggunakan analisis regresi linier berganda. Selain menyebarkan pertanyaan juga, penulis menggunakan teknik mencari informasi secara langsung kepada objek, selain itu penulis juga melakukan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa EWOM secara keseluruhan baik, artinya informasi yang didapat oleh konsumen menarik sehingga dapat membuat orang terdorong untuk mencobanya sehingga menimbulkan minat untuk melakukan pembelian. Hal tersebut terjadi karena unsur-unsur EWOM yang dilakukan untuk membujuk orang untuk mencobanya seperti kelebihan-kelebihan yang ditampilkan, kata-kata yang menarik, sampai dengan penggunaan aplikasi yang menarik perhatian. Inovasi Produk secara keseluruhan baik, artinya inovasi produk memiliki peran yang penting dalam menunjang peningkatan loyalitas merek pada smartphone Xiaomi. Minat Beli Konsumen secara keseluruhan baik, artinya semakin banyaknya informasi yang didapat konsumen maka akan meningkatkan minat beli konsumen, apalagi ditambah dengan inovasi-inovasi yang baru mengenai produk tersebut. Terdapat pengaruh EWOM terhadap Minat Beli Konsumen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya EWOM yang disampaikan dengan sangat menarik dapat menimbulkan minat konsumen untuk melakukan pembelian. Terdapat pengaruh Inovasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya inovasi produk dapat meningkatkan minat.
Referensi
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Alfian, R., Kurnia, D., Masitoh, M. R., & Huddin, M. N. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen ( Survey Pada Followers Instagram Mcdonald's Indonesia ). 4(1), 23–37.
Dewi, Ratna Sari; Ova Novi Irama. (2018). Pengaruh Pendapatan Desa Dan Alokasi Dana Desa Terhadap Belanja Desa Dan Kemiskinan. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM), Vol. 5. No. 2. September, 2018 pISSN 2339-0492 | e-ISSN 2599-146
Doosti, S., Jalilvand, M. R., Asadi, A., Khazaei Pool, J., & Mehrani Adl, P. (2016). Analyzing the influence of electronic word of mouth on visit intention: the mediating role of tourists’ attitude and city image. International Journal of Tourism Cities.
Durianto, Darmadi dan C. Liana. (2009) “Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya Dengan Menggunakan Consumer Decision Model.” Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol. 11,No. 1,
Durianto dan Liana S, 2004, Strategi Menaklukkan Pasar; Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2013). E-WOM scale: Word-of-mouth measurement scale for e-services context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23.
Harman, Malau. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Indeks, Jakarta
Kotler, Philip; Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. & Gary Armstrong. (2014). Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Priansa, Doni Juni. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta
Putri, H., & Sastika, W. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) melalui Twitter terhadap Minat Beli Konsumen pada Steak Ranjang Bandung. Prosiding SNaPP2016 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 637–645.
Schiffman dan Kanuk, (2015). Consumer Behavior. 11th Edition. Global Edition.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













