Melihat Peluang Media Sosial Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Kalangan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.52434/jesm.v4i01.599Keywords:
Media Sosial, KewirausahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peluang Media Sosial dalam menumbuhkan jiwa Kewirausahaan dilakangan mahasiswa. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah tingkat intensitas penggunaan media sosial di kalangan anak muda khususnya para mahasiswa. Data PBS tahun 2024, jumlah pengguna media sosial dari segi usia rentang 18 - 34 tahun sebagian besar mengakses media sosial selama 3 jam 14 menit perhari. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 157 mahasiswa aktif pada Universitas Famika. Hasil dari pengumpulan kuesioner mengenai intensitas penggunaan media sosial dengan mayoritas per hari selama 1 -3 jam. Sementara itu dari pernyataan “media sosial banyak menyajikan peluang usaha” mayoritas responden menyatakan ‘setuju”. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peluang media sosial dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan sangat terbuka melihat intensitas penggunaan media sosial sehari-hari serta banyaknya informasi kewirausahaan yang dapat diperoleh dari postingan di media sosial.
References
Anita, Nur dkk (2023). Asuhan Kebidanan Remaja & Menopause. Bandung : Kaizen Media Publishing
Badan Pusat Statistik. (2024). https://rri.co.id/iptek/721570/ini-data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024. Diakses tanggal 28 September 2025 pukul 17:40 wita
Hazizah, S. N., dan Nasution, M. I. P. (2022). Peran Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. ISSN : 2622 - 2191. Vol 5, No. 4.
Indoworo, H. E. (2016). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Media Sosial. Jurnal Informatika Upgris. ISSN No. 2477-6645. Vol 2, No. 1.
Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.
Mariyono, Dwi (2024). Menguasai Penelitian Kualitatif : Metode, Analisis Terapan, dan Arah Masa Depan. Surabaya : Cipta Media Nusantara
Minazzi, R. (2015). Social Media Marketing in Tourism and Hospitality. London: Springer International Publishing
Pasulu, M, Nur Aini dan Meldilianus Nabas J. Lenas. (2024). Pengenalan Dasar-Dasar Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif. Makassar : Idebuku
Siagian, A.O., Martiwi, R., dan Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk dalam Memanfaatkan Media Sosial di Era Digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif. ISSN No. 2598-0823. Vol 3, No. 3.
Sumerta, I Komang dkk (2020). Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Perguruan Tinggi Di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. ISSN : 2337-3067.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gary Leonard Hendrik, Sri Ayu Nurmalia Kaharuddin, AR Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













