Pengaruh Electronic Word of Mouth di Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Pemandian Air Panas Tirtagangga Cipanas Garut

  • Ahmad Syarif Munawi Universitas Garut
  • Syahril Maulana Yusup Universitas Garut
  • Tatang Mulyana Universitas Garut
  • Deri Alan Kurniawan Universitas Garut
Keywords: Electronic Word of Mouth, Media Sosial, Cipanas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah supaya mengetahui bagaimana pengaruh Electronic Word of Mouth di Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Berkunjung ke Pemandian Air Panas Tirtagangga Cipanas Garut. Metode ini digunakan dengan penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan verifikatif, metode deskriptif digunakan supaya menggambarkan variabel Electronic Word of Mouth dan Keputusan Berkunjung, untuk metode verifikatif yaitu menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan didapat sampel sebanyak 100 orang. Alat analisis ini menggunakan Analisis Regresi Sederhana dan hipotesis serta memakai uji signifikansi. Hasil dari penelitian tersebut menampilkan bahwa adanya pengaruh variabel Electronic Word of Mouth di Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Berkunjung ke Pemandian Air Panas Tirtagangga Cipanas Garut.

References

Firmansyah, d. B. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Goldsmith, R. (2008). Electronic word-of-mouth, in Khosrow-Pour, M. (Ed), Encyclopedia of E-Commerce, E-Government and Mobile Commerce, pp. Hersey, PA: Idea Group Publishing, 408-12.
Goyette, e. a. (2010). E-Wom: Word of Mouth Measurement Scale fpr E-Service Context. Journal of Administrative Sciences, Vol 27.
Hamzah, Y. I. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia.
Humaira, A. W. (2016). Analisis faktor Electronic Word of Mouth (EWOM) Dalam Mmepengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol VI, No. 2.
Isma. (2018, November Selasa). Pariwisata Sebagai Core Ekonomi Indonesia. Retrieved Desember Kamis, 2020, from Infopublik.id: http://infopublik.id/kategori/ekonomi-bisnis/313639/pariwisata-sebagai-core-ekonomi-indonesia?show=
Kotler, A. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Rianti, I. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Daya Tarik dan Lokasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Curug Sidoarjo. Skripsi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Sabon, V. l. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Pada Asean Economic Community. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 163-176.
Published
2023-10-19