Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok GG Mild Pada PT Gudang Garam Garut

  • Dimas Taupiq Agistryadi Universitas Garut
  • Budiman Budiman Universitas Garut
  • Hilman Rismanto Universitas Garut

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Brand Image dan Harga, yang diduga mempengaruhi keputusan pembelian rokok GG Mild pada PT Gudang Garam Garut. Dalam penelitian ini, variabel Brand Image diukur melalui dimensi Atribut, Benefit dan Attitude, sedangkan variabel harga diukur melalui dimensi Keterjangkauan Harga, Kesesuaian Harga dengan kualitas produk, Kesesuaian Harga dengan manfaat, dan Harga sesuai kemampuan atau daya saing Harga. Sedangkan dimensi Keputusan Pembelian diukur melalui dimensi Pilihan Produk, Pilihan Merek, Pilihan Penyalur, Waktu Pembelian dan Jumlah Pembelian. Metode ini menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel Harga secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, tetapi Brand Image secara signifikan tidak terdapat pengaruh terhadap Keputusan Pembelian karena data tidak signifikan, Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tidak dapat pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian dan terdapat pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Alma, H. B. (2009). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa.
Andriani, M., & Bunga, F. D. (2017). Faktor pembentuk brand loyalty: peran self concept connection, brand love, brand trust dan brand image (telaah pada merek h&m di kota dki jakarta). BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 157–168.
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.
Cash, S. B., McAlister, A. R., & Lou, C. (2016). Presence or Absence of Unit Price Display and Its Influence on Snack Food Choices. In Marketing Challenges in a Turbulent Business Environment (pp. 179–182). Springer.
Center Klik. (2019). 6 Perusahaan Rokok Terbesar di Indonesia Saat Ini - CenterklikTM. Retrieved April 27, 2021, from https://www.centerklik.com/ website: https://www.centerklik.com/perusahaan-rokok-terbesar-indonesia/
Dahlan, M. S. (2013). Besar sampel dan Cara Pengambilan Sampel Edisi 3.
Jakarta: Salemba Medika.
Damodar, G. (2006). Dasar Dasar Ekonometrika Edisi Ketiga Terjemahan : Mc.
Graw Hill. Jakarta: Erlangga.
Emteemte. (2017). GG Mild Limited Edition Pack Part 2 by @emteemte, Edisi Terbatas Kedua dari GG Mild Bertema Travelling. Retrieved April 27, 2021, from https://reviewrokok.blogspot.com/ website: https://reviewrokok.blogspot.com/2017/07/gg-mild-limited-edition-pack- part-2-by.html
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko, T., & Dharmmesta, B. S. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.
Hasan, A. (2013). Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.
Kesehatan, K. (2018). Sehat Negeriku - Portal Berita Resmi Kementerian Kesehatan RI. Retrieved April 27, 2021, from kemkes.go.id website: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing (Global Edi). Pearson Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Marketing: creating and capturing customer value. In Principles of marketing.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Principles of Marketing, 12th edition Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, New Jersey: Pearson Pretice Hall. Inc.
Kurniawan, H. H. (2017). Pengaruh Perceived Quality terhadap Brand Loyalty melalui Mediasi Brand Image dan Brand Trust. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2).
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Nofriyanti, A. R. (2017). Pengaruh Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, Brand Loyalty Terhadap Brand Equity Pengguna Telkomsel. Ekonomi Bisnis, 22(2), 130–142.
Rangkuti, F. (2009). The Power Of Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Rares, A., & Jopie, R. J. (2016). The Effect of the price, promotion,location,
brand image, and quality of products toward the purchase decision of consumers at bengkel gaoel store.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks. Soedibjo S, B. (2017). Pengantar Metode Penelitian. Bandung: Universitas
Nasional Pasim.
Stephan, P. R., & Marry, C. (2012). Management, Eleventh Edition. United States of America : Pearson Education Limited.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (26th ed.).
Alfabeta.
Tarwoto, NS, & Dkk. (2010). Kesehatan Remaja problem dan solusinya. Jakarta: Salemba Medika.
Terry, G. R., & Rue, L. W. (2014). Principles of Management: Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Times, I. (2020). 7 Negara dengan Persentase Penduduk Perokok Terbesar di Dunia. Retrieved April 27, 2021, from https://www.idntimes.com website: https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/brahm-1/7-negara-dengan- persentase-penduduk-perokok-terbesar-di-dunia-c1c2/2
Tirto.ID. (2017). Prestasi Rokok Indonesia di ASEAN - Tirto.ID. Retrieved April 27, 2021, from https://tirto.id/ website: https://tirto.id/prestasi-rokok- indonesia-di-asean-ckmi
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, Edisipertama. Yogyakarta: Penerbit.
Jogjakarta: Andi.
Umar, H. (2014). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali.
Published
2023-10-19