Analisis Efektivitas Penggunaan Learning Management System (LMS) Pada Masa Pandemi Di Universitas Garut

  • Novi Andini Universitas Garut
  • Tinneke Hermina Universitas Garut
  • Oktri Mohammad Firdaus Universitas Garut

Abstract

Saat Indonesia terkena wabah pandemi covid-19, memberikan dampak perubahan pada seluruh aspek kehidupan, termasuk pada dunia pendidikan hingga terkenalnya pembelajaran online atau daring. Termasuk di Universitas Garut agar kegiatan pembelajaran online dapat dilakukan dengan efektif, maka dibutuhkan suatu sistem penunjang pembelajaran untuk memudahkan dosen dan mahasiswa berinteraksi secara daring. LMS dijadikan salah satu solusi sebagai media penunjang untuk memudahkan pembelajaran. Termasuk saat ini ketika pandemi sudah mulai berakhir dan lahir sistem pembelajaran baru yang dinamakan pembelajaran hibrid (gabungan daring dan tatap muka).  Terlepas plus dan minusnya pembelajaran daring dengan penggunaan LMS, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon dosen terhadap LMS di UNIGA, menganalisis faktor penentu efektivitas dosen dalam menggunakan LMS, dan menganalisis peran LMS terhadap keunggulan bersaing UNIGA jika dilihat berdasarkan pendekatan penerimaan teknologi UTAUT II. Penelitian ini adalah penelitian kuantitif dengan sampel sebanyak 72 responden dan teknik pengujian data penelitian memalui perhitungan Smart PLS versi 3.0. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ekspektasi kinerja, kondisi sosial, dan kebiasaan memiliki pengaruh pada niat menggunakan, sedangkan Ekspektasi usaha, kondisi fasilitas, motivasi, dan nilai harga tidak memiliki pengaruh pada niat menggunakan. Selanjutnya  Niat menggunakan memiliki perpengaruh pada perilaku pengguna, dan perilaku pengguna memiliki pengaruh pada tingkat efektivitas penggunan LMS oleh Dosen di Universitas Garut.

References

Abdillah, W. & Harthono. 2015. Partial Least Square. Yogyakarta: Andi
Alalwan, dkk. (2018) Examining Factors Influencing Jordanian Customers Intentions and adoption of internet banking. Journal of Retailing and cosumer services, Https://Doi.Org/10.1016/J.Jretconser.2017.08.026
Bakhrun, A., Saputra, R., & Lubis, M. (2020). Analisis Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sistem Pembelajaran Daring. Alignment:Journal of Administration and Educational Management, 3(2), 190-204. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1465
Dimianus, Ding (2014). Studi Tentang Efektivitas Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (Pnpm-Mp). E-Journal Ilmu Pemerintahan, Vo.2 No.2 https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/
Maharani, Y. (2021). Minat Generasi Z Menggunakan Kembali Transaksi Mobile Payment: Pendekatan Model UTAUT 2. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi, 7(2), 140–154. https://doi.org/10.31289/jab.v7i2.5641
Munir. (2010). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung, Penerbit: Alfabeta.
Nafrin, I Aulia, (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. E-Jurnal Faculty of education university Pahlawan Tuanku Tambusai.DOI: https://doi.org/10.31004/ edukatif.v3i2.324
Nalendra, A. R Aditya, dkk, (2021) Statistika Seri Dasar dengan SPSS. Media Sains Indonesia
Pradana, Fajar (2019). Penilaian Penerimaan Teknologi E-Learning Pemrograman Berbasis Gamification Dengan Metode Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol.6 No.2. DOI:10.25126/jtiik.201961288.
Robins, Stephen P. 2010. Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. In Metode Penelitian Dan Pengembangan.
Tawalbeh, T. I. (2017). EFL Instructors’ Perceptions of Blackboard Learning Management System (LMS) at University Level. English Language Teaching, 11(1), 1. https://doi.org/10.5539/elt.v11n1p1
UNIGA (2020). Uniga Learning Management System. https://daring.uniga.ac.id/daring/
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance And Use Of Information Technology: Extending The Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 36(1). Https://Doi.Org/10.2307/41410412
Published
2023-10-19