Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Leles - Garut)

Authors

  • Firman Sopandi Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i01.65

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari fenomena permasalahan prestasi belajar siswa yang masih rendah. Masih rendahnya prestasi belajar siswa diduga sebagai akibat dari belum optimalnya kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalm mewujudkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar di Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskripsi analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan hipotesis penelitian ini adalah statistic dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam Se-Kecamatan Leles Kabupaten Garut sebanyak 50 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini adalah: “Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar”, dengan pengujian analisis jalur. Pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam. Kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

References

Al-Dimasqa, Abu al-Fida’ Ismail ibn Umar. Tafsir al-Qur’an Adzim, juz 8, (Mauqi’u al-islam: Dalam Software Maktabah Syamilah, 2005).
Al-Turmudzi, Muhammad bin Isa. Sunan Turmudzi, juz 8, (Mauqi’u al-islam: Dalam Software Maktabah Syamilah, 2005).
Abd al-Hayy al-farmawi.1997, Al-Bidayah fi Al-Tafsir al-Maudhu’I, Kairo: Mathhabath al-Hadhorot al-A’robiyyah.
Afzalur Rohman. 2005, Ensiklopedia Ilmu Dalam al-Qur’an, Bandung: Mizania.
Alwi Hasan dkk.2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Al Syayadi Majid. 2009, Hadits Tarbawi, Jakarta: Pustaka Firdaus.
Abdurrahman, Mulyono. 2012, Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.
Aedi, Nur. 2015, Dasar-dasar manajemen pendidikan, Yogyakarta: goysen publishing.
Akdon. 2011, Manajemen Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia . Cet. 2.
Budi Winarno. 2012, Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus, Yogyakarta : CAPS.
Daryanto. 2013, Inovasi Pembelajaran Efektif, Bandung : Yrama widya
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011, Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka cipta.
Hamdani. 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Pustaka Setia.
Hikmat. 2011, Manajemen Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia.
Hosnan, M. 2016,Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bogor : Ghalia Indonesia.
Iskandar, Jusman. 2018, Metode Penelitian, Bandung : Puspaga Bandung.
Iskandar, Jusman. 2017, Perilaku Manusia Dalam Kelompok dan Organisasi, Bandung : Puspaga Bandung.
Iskandar, Jusman. 2017, Teori Sosial, Bandung : Puspaga Bandung.
Mahmud, M. Dimyati. 2017, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta : Andi.
Mulyasa, E. 2013, Guru Dalam Kebijakan Kurikulum 2013, Bandung : Remaja Rosdakarya. Cet. Ke-3.
Muslim, Sri Banun. 2013, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru, Bandung : Alfabeth.
Nawawi, I. 2012, Syarah Riyadush Shalihin, Jakarta : Gema Insani.
Qomar, Mujamil. 2013, Strategi Pendidikan Islam, Jakarta : Erlangga.
Ramayulis. 2012, Manajemen Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia.
Rusman. 2012, Manajemen Kurikulum, Jakarta : Raja Grafindo. Cet. Ke-4.
Saefullah, U. 2012, Manajemen Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Setia.
Sugianto. 2013, Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta. Cet. Ke-18.
Supardi. 2016, Kinerja Guru, Jakarta : Raja Grapindo Persada. Cet. Ke-3.
Suryanto. 2013, Menjadi Guru Profesional, Jakarta : Erlangga.
Syah, Muhibin. 2012, Psikologi Belajar, Jakarta : Rajawali Pers. Cet. Ke-12.
Tafsir, Ahmad. 2010, Ilmu Pendidikan Perspektif Islam, Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Cet Ke-9.
Wahyudin. 2015, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization), Bandung : Alfabeta. Cet. Ke-4.
Walgito, Bimo. 2010, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta : Andi.
Wulandari, Soliyah. 2013, Menjadi Guru Profesional, Jakarta : Erlangga.
Data Administrasi Guru PAI Kecamatan Leles.
Data Emis.Pendis Kementerian Agama.
Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Korwil Pendidikan Kecamatan Leles.
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian.
Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
PP Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Sopandi, F. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Leles - Garut). Khazanah Akademia, 3(01), 20–31. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i01.65