Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kesiswaan Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pembinaan Kesiswaan Untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran (Penelitian Di SMK Plus Qurrata ‘Ayun Samarang Garut)

Authors

  • Saepul Huda Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i02.62

Keywords:

Pelaksanaan Kebijakan Kesiswaan, Kepemimpinan Kepala Sekolah

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam bidang Pendidikan selama ini adalah mutu pembelajaran masih kurang optimal sehingga berdampak pada mutu pendidikan. Kurang optimalnya mutu pembelajaran diduga antara lain karena pelaksanaan kebijakan kesiswaan dan kepemimpinan kepala sekolah yang kurang maksimal terhadap pembinaan kesiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh pelaksanaan kebijakan kesiswaan dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap pembinaan kesiswaan untuk mewujudkan mutu pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi renponden dalam penelitian ini adalah guru SMK Plus Qurrata A’yun Samarang Garut sebanyak 92 orang. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kebijakan kesiswaan (X1) dan kepemimpinan kepala sekolah (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembinaan kesiswaan (Y) untuk mewujudkan mutu pembelajaran (Z) maka dilakukan pengujian diperoleh nilai Fhitung sebesar 43,1096 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 1,42. Dari nilai tersebut dapat ditarik kesimpulan statistik bahwa H0 ditolak. Signifikansi nilai hasil pengujian di atas, didukung pula oleh nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,6647 yang juga menunjukkan besarnya kontribusi variabel pelaksanaan kebijakan kesiswaan dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap pembinaan kesiswaan untuk mewujudkan mutu pembelajaran sebesar 66,47 %, Sedangkan sisanya sebesar 0,3353 atau sebesar 33,53 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

References

Al-Qur'an dan Terjemahnya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemahan/Pentafsir Al-Qur'an,
Al Bukhari, Muhammad bin Isma'il, Abi Abdillah. Matan Al-Bukhari. Semarang: Toha Putra, t.t.
Aminatul, zahran, Membangun kualitas pembelajaran melalui dimensi profesionalisme guru, 2015: 140-150)
Andang. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Ash-Shabuni, Ali. Shafwatu At-Tafasir. Kairo: Dar El-Fikr, t.t.
Barnawi. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2012.
Djihad, Suyanto dan Asep. Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2012.
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Filsafat dan Teori Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2003.
Haryono, Rudy. Kamus Lengkap 30 Trilyun (Inggris-Indonesia / Indonesia-Inggris). Jombang: Lintas Media Jombang, 2014.
Iskandar, Jusman. Indeks dan Skala Dalam Penelitian. Bandung: Puspaga, 2015.
J, Rakhmat. Teori-teori Komunikasi. Bandung: Remaja Karya, 2005.
Kosasi, Soetjipto dan Raflis. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Syagala, Saiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: CV. Alfabeta, 2011.
Syagala, Saeful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.Bandung: Alfabeta, 2012
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya, 2011.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Suranto, A.W. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.
Undang-undang RI Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. n.d.
Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakaarta: PT. Hidakarya Agung, 2012.
Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.mProfil SMK Plus Qurrata ‘Ayun Samarang Garut.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

Huda, S. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Kesiswaan Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pembinaan Kesiswaan Untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran (Penelitian Di SMK Plus Qurrata ‘Ayun Samarang Garut). Khazanah Akademia, 3(02), 55–70. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v3i02.62