Analisis Pengaruh Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif terhadap Peningkatan Kompetensi Siswa dan Indeks Pendidikan di Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v9i01.473Keywords:
Indeks Pendidikan, Kabupaten Garut, Kebijakan Inklusif, Kompetensi SiswaAbstract
Pendidikan inklusi merupakan kebijakan yang bertujuan untuk memastikan bahwa semua anak, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, mendapatkan akses pendidikan yang adil dan berkualitas. Kebijakan ini menekankan pentingnya lingkungan belajar yang mendukung keberagaman dan memberikan kesempatan yang sama bagi setiap siswa untuk berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak implementasi kebijakan pendidikan inklusif terhadap peningkatan kompetensi siswa dan Indeks Pendidikan (IPM) di Kabupaten Garut. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis regresi, penelitian ini mengidentifikasi hubungan antara penerapan kebijakan inklusif dan peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan inklusif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi siswa dan IPM. Koefisien regresi sebesar 0,491 untuk kompetensi siswa dan 0,481 untuk IPM menunjukkan bahwa semakin baik penerapan kebijakan, semakin tinggi pula tingkat kompetensi siswa dan IPM. Selain itu, hasil uji statistik menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (12,572 > 1,977 untuk kompetensi siswa dan 11,765 > 1,977 untuk IPM), dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, implementasi kebijakan pendidikan inklusif memberikan manfaat nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Garut. Hal ini menegaskan pentingnya dukungan yang berkelanjutan dalam bentuk pelatihan guru, peningkatan fasilitas, dan pengembangan strategi pembelajaran yang inklusif untuk memastikan keberhasilan pendidikan bagi semua siswa.
References
Iskandar. J. 2018. Metoda Penelitian. Bandung. Puspaga
Amrullah. Z. A, 2019. Manajemen Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Bandung : Alfabeta.
Winarno. B. 2021. Kebijakan Publik Era Globalisasi: Teori, Proses dan Studi Kasus Komparatif. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service
Jurnal dan Penelitian Ilmiah
Atika, A. (2024). Praktik Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Harakat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 9(1), 45–54. https://doi.org/10.30631/91.45-54
BPS. (2023). Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. Badan Pusat Statistik. https://jabar.bps.go.id/indicator/23/83/1/jumlah-penduduk-miskin.html
Dey, S. (2024). Asian International Students’ Barriers to Reporting Sexual Harassment Incidents. Journal of International Students, 14(4), 902–919. https://doi.org/10.32674/jis.v14i4.6711
Edward III. (1984). Model Implementasi kebijakan George Edward III - FREE WRITTING IN THE WALL. https://mulyono.staff.uns.ac.id/2009/05/28/model-implementasi-kebijakan-george-edward-iii/
Fadhilah Putri, Z. (2021). the Principal’S Leadership Strategy in Implementing Inclusive Education Policies in Smp Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Khazanah Intelektual, 4(3), 932–953. https://doi.org/10.37250/newkiki.v4i3.74
Hunt, P. F. (2021). Inclusive education: The case for early identification and early intervention in assistive technology. Assistive Technology, 33(sup1), 94–101. https://doi.org/10.1080/10400435.2021.1974122
Karim Amrullah, A. (2023). Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan pada Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 5 Brebes. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(4), 319–336. https://doi.org/10.58344/locus.v2i4.1001
Khairunnisa Fitrah Umi Kaltsum, Warman, & Laili Komariyah. (2024). Hambatan dalam Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Inklusif di SMP Negeri Kota Sangatta dan Solusi untuk Mengatasinya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2), 127–137. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i2.1874
Mastrolonardo, L. (2021). Sustainable mobility and beauty of public space. Vitruvio, 6(2), 42–55. https://doi.org/10.4995/vitruvio-ijats.2021.16560
Rahayu, A. M. S. (2024). MANAJEMEN BOARDING SCHOOL DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MTS ATTAQWA PUTRA BEKASI. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rosyid, A., Damayanti, E., Rohani, S. T., Shabila, S., Dharmani, I. G. A. A. N., Sari, P. Z., Sari, N., & Prastoeti, R. (2025). Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, dan Pengangguran terhadap IPM di Indonesia Periode 2021-2023. Jurnal Kompetensi Ilmu Sosial, 3(2), 1–13.
Urvashi, S. (2021). Reimagining Crises in the Indian University. Human Arenas, 4(3), 430–439. https://doi.org/10.1007/s42087-020-00160-4
Spencer, L.M. and Spencer, S.M. (1993) Competence at Work: Models for Superior Performance. John Wiley & Sons, New York.
UNESCO. (2021). Global Education Monitoring Report 2021/2: Non-state actors in education: Who chooses? Who loses?. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark%3A/48223/pf0000380076_ind
Dokumen
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif
BPS. (2023). Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. Badan Pusat Statistik. https://jabar.bps.go.id/indicator/23/83/1/jumlah-penduduk-miskin.html
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Indeks Pembangunan Kebudayaan: Dimensi Pendidikan. https://ipk.kemdikbud.go.id/dimensi/pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.















.png)