Upaya Guru PAI dalam Membentuk Tanggung Jawab Ibadah Siswa di SMP Persatuan Amal Bakti (PAB) 21 Pematang Johar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Kondisi tanggung jawab ibadah siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar. 2). Upaya yang di lakukan guru PAI dalam fungsinya sebagai Motivator untuk membentuk tanggung jawab ibadah siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar. 3). Upaya yang dilakukan guru PAI dalam fungsinya sebagai Fasilitator untuk membentuk tanggung jawab ibadah siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriftif yaitu suatu cara penelitian dengan memecahkan suatu masalah melalui penyelidikan yang menggunakan cara menceritakan kejadian yang terjadi di lapangan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 1). Kondisi tanggung jawab ibadah siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar belum la memenuhi kriteria untuk bisa dikatakan memiliki tanggung jawab iabdah shalat siswa masih belum baik dalam menanamkan tanggung jawab ibadah siswa. 2). Dari hasil penelitian di ketahui bahwa dalam funsinya sebagai Motivator yang di lakukan guru PAI untuk membentuk tanggug jawab shalat siswa di SMP PAB 21 Pematang Johar belum sepenuhnya memenuhi kriteria dalam fungsinya sebagai motivator yaitu Bersikap terbuka/mendorong, Memahami, Menciptakan hubungan yang serasi, Menanamkan, ibadah kepada Allah. 3). Dari hasil penelitian di ketahui bahwa dalam fungsinya sebagai Fasilitator yang di lakukan guru PAI untuk membentuk tanggung jawab ibadah shalat di SMP PAB 21 Pematang Johar sudah memenuhi kriteria dalam fungsinya sebagai fasilitatoryaitu Bersikap. menghadapi, menghargai, memahami karakter, dekat dan akrab, kooperatif, kewibawaan. Memihak, sikap terbuka, energik dan bersikap positif.
References
Anwar, S. S. (2014). Tanggung Jawab Pendidikan Dalam Perspektif Psikologi Agama. Psympathic :Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.15575/psy.v1i1.463
Djamarah, S. B. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka cipta.
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada 5 (1), 59-60.
Fahham, A. M. (2012). Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Afeksi di Kota Yogyakarta. Aspirasi, 3(1), 49–58.
https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/255/196
Hardiyanti, S. (2018). Upaya Guru Fiqhi dalam Menanamkan Sikap Kedisiplinan Shalat Wajib Dzhuhur Peserta Didik di Kelas X MAN 1 Parepare. IAIN Parepare.
Hawi, A. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: rajawali pers.
Husna, K., & Arif, M. (2021). Ibadah Dan Praktiknya Dalam Masyarakat. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2).
INDONESIA, M. A. R. (2010). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah.
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Kallang, A. (2018). Konteks Ibadah Menurut Al-Quran : Jurnal Dakwah Dan Sosia Keagamaan, 4(2).
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2021). Al-Qur’an Tajwid Dan Terjemah Indonesia..
Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Mubarok, H., & Attalina, S. N. C. (2022). Studi Fenomenologi Peran Guru Sekolah Dasar Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Tematik di Kelas Tinggi. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 75–87. Muchith, M. S. (2016). Guru PAI Yang Profesional. Quality, 4(2), 217–235.
Muhaimin, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.
Mujtahid. (2011). Pengembangan profesi guru. UIN Maliki Press.
Mulyasa, E. (2019). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Remaja Rosdakarya. Bandung.
Mulyasa, H. E. (2020). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Remaja Rosdakarya. Bandung..
Nisa’, K., & Astari, N. (2022). Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di SMP Negeri 1 Ploso Jombang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1230. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1061
Nurjan, S. (2015). Profesi Keguruan (Konsep dan Aplikasi). Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Nurlaili. (2023). Peran Guru Dalam Membimbing Ibadah Sholat Pada Anak Usia Dini Di Ra Darul Ikhlas. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 4(2), 99–111. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa
Pangestu Subagyo, D. P. (2011). Statistika Induktif.
Puspitasari, R., & Resmalasari, S. (2022). Peran Guru Sebagai Figur Panutan Dalam Penerapan Keterampilan Saling Berbagi Di Era Disrupsi. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 2(2).
Rahman, A. (2022). Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8455–8466.
Ramayulis, H. (2005). Metodologi pendidikan agama Islam. Kalam Mulia.
Rinah, R. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 3(2), 901–907. Rohman, F. (2020). Tanggung Jawab Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(2), 171–180.
Salim, H. S., & Nurbani, E. S. (2017). Penerapan teori hukum pada penelitian tesis dan disertasi/Salim HS.
Sanusi, H. P. (2013). Peran Guru PAI Dalam pengembangan Nuansa religius di sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 11(2), 143–153.
Saputra, A. (2022). Strategi evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam pada SMP. Jurnal Genta Mulia, 13(2).
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, cetakan pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sukiati. (2017). Metodologi Penelitian; Sebuah Pengantar. Perdana Publishing.
Susanti, D. (2017). Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Siswa di SMP Negeri 2 Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. IAIN Metro.
Susilawati, P., Asha, L., Ifnaldi, I., & Warlizasusi, J. (2022). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 478–484.
Syaiful, B. (2014). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta.
Syamsidar, S. A. (2020). Metode Bimbingan Penyuluhan Islam Dalam Mengatasi. Jurnal Washiyah, 2(1), 18–28.
Tafsir, A. (2019). Ilmu pendidikan islami. PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif ilmu pendidikan teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Zufiroh, L., & Basri, S. (2023). Tantangan guru pendidikan agama islam dalam menghadapi era society 5.0. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 9(01).
Copyright (c) 2024 Putri Pitasari Nasution, Rustam Rustam, Miswar Miswar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.