Penerapan Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik Online Sobat Dukcapil Kota Tangerang

  • Amelia Anggraini Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Eni Apriliani Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Putri Alfiyyah Sari Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Rizkyka Rahma Danti Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Eko Prasetyo Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
Keywords: Penerapan, Good Governance, Pelayanan publik.

Abstract

Penerapan prinsip good governance dalam pelayanan publik berbasis online melalui Website Sobat Dukcapil merupakan upaya dalam penyelenggaraan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak warga negara atas pelayanan administrasi oleh penyelenggara pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan prinsip good governance dalam pelayanan publik berbasis online melalui Website Sobat Dukcapil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan informan adalah Ketua Tim Kerja Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan Jaringan Komunikasi Data, Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Dan Pemanfaatan Data pada Dinas Dukcapil Kota Tangerang, dan masyarakat yang sudah menggunakan pelayanan Website Sobat Dukcapil. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan prinsip good governance dalam pelayanan publik berbasis online melalui Website Sobat Dukcapil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang telah diterapkan dengan cukup baik. Prinsip akuntabilitas, transparansi, partisipasi telah diterapkan dengan baik, namun prinsip efektivitas dan efesiensi, koherensi hanya berada pada tingkatan sedang.

References

HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TRIWULAN IV TAHUN 2022. (2023). DISDUKCAPIL. https://disdukcapil.tangerangkota.go.id/berita/hasil-survei-kepuasan-masyarakat-triwulan-iv-tahun-2022
Kependudukan, D., Pencatatan, D. A. N., & Pengantar, K. (2021). ( LKIP ) TAHUN 2021.
Lestari, R. A., & Santoso, A. (2022). PELAYANAN PUBLIK DALAM GOOD GOVERNANCE. JURNAL ILMU SOSIAL Dan ILMU POLITIK, 2(1), 43–55. https://journal.uwks.ac.id/index.php/juispol/article/view/2134
Ma’ruf, Z. Z. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat dalam Pengurusan Kartu Identitas Penduduk dan Dokumen Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut. Jurnal Publik, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.18
Neneng Siti Maryam. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalu Palyanan Publik. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VI(1), 1–18.
Patrisia, N. E., Kismartini, & Apriana, L. (2021). Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Slawe di Kota Bengkulu. Mimbar: Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 10(2), 137–146. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/mimbar/article/view/963
Pertiwi, E. (2020). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Aplikasi Pelayanan Administrasi Terintegrasi (Palui) Di Kelurahan Basirih. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. https://eprints.uniska-bjm.ac.id/3254/1/ARTIKEL_EEN_BENAR[1].pdf
Sobat Dukcapil. (n.d.). Retrieved May 30, 2024, from https://sobatdukcapil.tangerangkota.go.id/
van Doeveren, V. (2011). Rethinking Good Governance: Identifying Common Principles. Public Integrity, 13(4), 301–318. https://doi.org/10.2753/PIN1099-9922130401
Yunus, E. Y., Hasanah, U., & Seda, F. La. (2023). Efektivitas Pelayanan Admnistrasi Kependudukan Melalui Kanal Website Go Digital (GODIGI) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo. Jurnal Publik, 17(01), 66–75. https://doi.org/10.52434/jp.v17i01.180
Published
2024-12-05