Efektivitas Riau Science Center Sebagai Wahana Pembelajaran Masyarakat di Provinsi Riau

  • Abiyya Pingkani Aurilia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Irdayanti Irdayanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Riau Science Center ialah organisasi nirlaba yang bergerak dibidang pendidikan, latar belakang ini didukung adanya alat peraga yang masih minim serta keterbatasan gedung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Riau Science Center sebagai wahana pembelajaran masyarakat di Provinsi Riau. Metode penelitian skripsi ini adalah penelitian analisis dekriptif kualitatif yang menggambarkan secara objektif tentang keadaan sebenarnya dari objek yang diteliti. Sumber data primer adalah jawaban dari informan penelitian dan dianalisa oleh penulis. Sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen yang ada di Riau Science Center. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas dari Subagyo, yang memiliki 4 (empat) indikator: ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Hasil penelitian adalah Riau Science Center sebagai wahana pembelajaran masyarakat di Provinsi Riau secara keseluruhan sudah efektif, terbukti dengan meningkatnya data pengunjung di tahun 2023 yang menjadi tanda bahwa meningkatnya minat masyarakat terhadap pengetahuan sains dan teknologi, selain itu adanya pengawasan secara berkala alat peraga yang dilakukan oleh teknisi Riau Science Center.

References

Akbal, Muhammad Zul, Hasnawi Haris (2020). Implementasi Program Penguatan
Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Phinisi Integration Review No.2 Vol. 2.
Andriani. (2021). Pengembangan Program Edukasi Interaktif di Science Cnetr untuk
Meningkatkan Minat Belajar Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 9.
No.2.
Anna Permanasi, dkk (2020). STEM Education in Indonesia, Science Teacher’s and
Students Perspectives. Journal of Innovation Educational and Cultural Research.
Aznam. (2019). Peran Science Center dalam Meningkatkan Literasi Sains Masyarakat di
Indonesia. Jurnal Pendidikan Sains. Vol. 7 No. 1.
Christian P.Umboh, Florence D.J (2023). Efektivitas Program Guru Penggerak
Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di SMP Negeri 3
Tumpaan. Jurnal Administrasi Publik (JAP) No.2 Vol.IX.
Conterius, A. L. F., Bire, R.B., & Nasar, A. (2021). Tourist Motivation and Perception of
Three Favorite Tourist Attraction in Kupang Regency. Proceedings of the
International Conference on Applied Science and Technology on Social Science
(ICAST-SS 2020), 544, 76-81.
Desy Nurlaida. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
melalui Kegiatan 5S di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 2 No.
1.
Dian Pramesti, Tituk Diah (2021). Analisis Kinerja Organisasi Sektor Publik dengan
Pendekatan Value for Money (Studi Kasus pada Dinas Pekerjaan Umum dan
Tata Ruang, Kabupaten Nganjuk. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi,
dan Akuntansi)
Eman Supriatna. (2019). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Soshum Insentif. ISSN
2655-268X.
Fika Ayu, dkk. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan dalam Program Bantuan
Operasional Sekolah. Jurnal Administrasi Publik Vol.2 No.1.
Galuh Rizka, dkk. (2019). Children Science Center. JMARS (Jurnal Mozaik Arsitektur).
Halilul Khairi. (2021). Organisasi Sektor Publik. PT Nasya Expanding Management
(Penerbit NEM-Anggota IKAPI).
Handayaningrat, Soewarno. (1995). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen.
Jakarta : Gunung Agung.
Handayani Rahayu. (2021). Peran Science Center dalam Mendukung Pendidikan STEM
di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 13 . No. 1.
Ida Mustika, Miftahul Jannah. (2019). Analisis Implementasi Program Pendidikan Gratis
di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember. Jurnal Ilmiah Dian Ilmu Vol.
19. No. 1.
Jalaluddin Mahali, dkk. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Implementasi
Program Sekolah Penggerak di SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo. Jurnal
Pendidikan, Sains dan Teknologi Vol.3 No. 2.Mardiansyah. (2019). Analisis
Kebutuhan Pengembangan Science Center di Daerah Pedesaan. Jurnal
Penelitian dan Pengembangan Pendidikan . Vol. 3. No. 2
Musyaraffah. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Program Pendidikan Gratis di SMP
Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Administrasi Negara Vol.1
No.1.
Nuraini Sri Rahmah. (2021). Implementasi Teknologi Interaktif di Science Center untuk
Meningkatkan Pengalaman Belajar Pengunjung. Jurnal Teknologi Pendidikan
Indonesia. Vol 10. No 3.
Nurhidayah. (2020). Aspek Edukatif Taman Pintar Yogyakarta. Jurnal Kebijakan
Pendidikan Edisi 2 Vol. 5.
Olivia Higiantoro. (2019). Perancangan Interior Science Center untuk anak Berusia 3
sampai 12 tahun di Surabaya. Jurnal INTRA Vol 4. No.4.
Peraturan Gubernur Riau Nomor 21 Tahun 2020 tentang Riau Science Center.
Peraturan Gubernur Riau Nomor 49 Tahun 2020 tentang Pembentukan Unit Pelaksana
Teknis pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan
Pengembangan Provinsi Riau.
Peraturan Gubernur Riau Nomor 61 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi
dan Tata Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.
Rahmawati. (2019). Science Center sebagai Media Pembelajaran Sains Berbasis
Eksperimen di Indonesia. Jurnal Edukasi Sains. Vol. 4. No.1.
R. Mursid, Erna Yulia. (2019). Pengembangan Pembelajaran dalam Teknologi
Pendidikan di Era RI. 4.0. Jurnal Unimed.
Siti Almaidah. (2019). Analisis Efektivitas Kinerja Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
(PKBM) dalam Menyelenggarakan Program Pendidikan berbasis Masyarakat.
Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen Vol. 32 No. 2.
Ulfia Dwi Nur. (2023). Analisis Efektivitas Komunikasi Pemasaran melalui Media Sosial
Instagram (Studi Kasus Science Center di Kabupaten Bandung). Jurnal Eproceeding of Aplied Science. Vol 9. No2.
Wiwit Wahyuningtias Anggraini. (2020). Efektivitas Program Pendidikan Luar Sekolah
dalam Kejar Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat “Variant Center”
Kelurahan Patemon Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Jurnal Aplikasi
Administrasi Vol.20 No. 1.
Published
2024-12-05