Evaluasi Implementasi Kebijakan Program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kota Surabaya (Studi pada Kelurahan Gayungan)
Abstract
Data statistik menunjukkan bahwa tantangan yang signifikan masih dihadapi dalam mendorong minat baca di kalangan masyarakat. Menurut survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019, hanya sekitar 42% penduduk Indonesia yang secara aktif mengembangkan kegemaran membaca buku secara rutin. Dalam hal ini Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang merupakan sebuah organisasi yang berdasar pada Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 Pasal 49 hadir untuk mendorong peningkatan minat baca masyarakat. TBM memiliki fungsi sebagai sumber belajar bagi masyarakat melalui program pendidikan nonformal dan informal. Masyarakat diharapkan dapat menggali dan mengembangkan potensi daerah bagi kemajuan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan 4 indikator model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Daniel L. Stufflebeam. Hasil penelitian evaluasi pelaksanaan program TBM di Kelurahan Gayungan Kota Surabaya pada indikator context bahwa program TBM sudah memenuhi kebutuhan anak-anak serta kalangan dewasa seperti ibu-ibu dan bapak-bapak tetapi hanya sedikit dari mereka yang berkunjung ke TBM dikarenakan kesibukan masing-masing dan lebih memilih gadget sebagai metode yang fleksibel.
References
Anna, N. E. V., Mannan, E. F., & Srirahayu, D. P. (2020). Evaluation of the Role of Society-Based Library in Empowering Surabaya City People. Public Library Quarterly, 39(2), 157–169. https://doi.org/10.1080/01616846.2019.1616271
Antariksa, W. F., Fattah, A., & Utami, M. A. P. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Pesantren Mahasiswa Model Cipp (Context, Input, Process, Product). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 75–86. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.848
BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN BAHASA. (2016a). Kebijakan - KBBI Daring. KBBI.
BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN BAHASA. (2016b). Publik - KBBI Daring. KBBI.
Bulhayat. (2019). Evaluasi model CIPP pada implementasi KTSP pendidikan. Jurnal Al-Adabiya, 14(1), 85–102.
Fika, N., Fauzi, A., Qurtubi, A., Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U., Jendral Sudirman, J. N., Cipocok Jaya Kec Serang, P., & Serang, K. (2023). Analisis Kebijakan Versi William Dunn dalam Pondok Pesantren Modern. Journal on Education, 05(04), 16737–16747.
Irsad, M., Prasetiawati, E., Wahyudi, W., Jannah, S. R., & Sufiantoro, S. (2020). Pemberdayaan Literasi Masyarakat melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Budi Bakti Kabupaten Lampung Timur. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 317–332.
Jesica Pasaribu, Nurul Hasanah, & Fifit Hidayuwati. (2022). Analisis Kebijakan Publik: Studi Kebijakan Penanggulan Covid-19 di Indonesia Tentang Kekarantinaan Kesehatan. Jurnal Hukum, Politik Dan Ilmu Sosial, 1(4), 14–27. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i4.621
Kemendikbud. (2013). Petunjuk Tenis Pengajuan, Penyaluran, dan Pengelolaan Bantuan Taman Bacaan Masyarakat Rintisan.
Maryati, R., & Radiana, U. (2023). Evaluasi Program Sekolah Penggerak Menggunakan Model Context , Input , Process , Product ( CIPP ) di SMA Negeri 5 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, nomor ((5), 238–249.
Maulana, A., & Firdaus, N. M. (2023). Jurnal Comm-Edu Peran Taman Bacaan Terhadap Minat Baca Masyarakat Di Taman Bacaan Masyarakat Stone Garden. Jurnal Comm-Edu, 6(2), 62–69.
Ningrum, E. F. S., Zamroni, M. A., Ainurrohma, U., & Hasanah, U. (2022). Kajian Kebijakan Publik Menurut Tata Pemerintahan Yang Bersih Dan Berwibawa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 311–319.
Nurhayati, M., S., T. T., & Tohamansur, D. (2021). Monitoring Dan Evaluasi Taman Bacaan Masyarakat Di Kota Bandung. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 23(2), 129–140. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v23i2.1455
Nurohayati, S., Fauzi, A., & Siregar, H. (2023). Pengelolaan Program Taman Bacaan Masyarakat Paguyuban Pemuda Literasi Global (TBM PPLG) Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Masyarakat di Lopang Gede Kelurahan Lopang Kecamatan Serang Kota Serang. Journal on Education, 6(1), 6351–6362. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3716/3215
Pratama, Y. G., Sukaesih, S., & Cms, S. (2021). Hubungan knowledge sharing dengan inovasi pengelola taman baca masyarakat di Jawa Barat. Informatio: Journal of Library and Information Science, 1(1), 1. https://doi.org/10.24198/inf.v1i1.30708
Prayogo, Agung.Syahputra, H. (2022). Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Budaya Literasi. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 107–119. https://journal.pustakauinib.ac.id/index.php/jib/article/view/235
Rahayu, S. M., & Ghani, A. R. (2022). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KEPEMIMPINAN SMA AL-MUSLIM BEKASI JAWA BARAT Evaluasi Penelitian Menggunakan CIPP Daniel L. Stufflebeam. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 18(1), 14–27. https://doi.org/10.31000/rf.v18i1.5976
Rokmana Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah Veniaty. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960
Sinaga, M., Achiriah, A., & Ismail, I. (2023). Meningkatkan Literasi Informasi Melalui Optimalisasi Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 922–930. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.337
Surabaya, O. D. (2023). Jumlah tenaga perpustakaan dan pustakawan yang dibina. SatuData.
Yuanita, S. K. S., Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). EVALUASI MODEL CIPP PROGRAM DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIK ANAK USIA DINI DI KOTA PAYAKUMBUH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Copyright (c) 2024 Riska Ayu Rahmaida , Makrufatus Sa'idah, Sartika Devi Prameswari , Tiara Himma Fadhilah, Dewita Putri , Bayu Priambodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License