Kemitraan Pemerintah dan Swasta dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Kolaka Utara
Abstract
Pelayanan publik memegang peranan penting dalam menjalankan fungsi pemerintahan dan memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi. Di sisi lain, terdapat keterbatasan pemerintah sebagai penyedia layanan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, sehingga pemerintah perlu menjalin kemitraan dengan sektor swasta. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemitraan yang terjalin antara pemerintah dan swasta dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Kolaka Utara. Mengenai kemitraan pemerintah dan swasta, maka dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara menciptakan terobosan baru, menjalin kemitraan dengan sektor swasta yakni CV. Aletha Jasa Mandiri (KurirKU). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimensi kemitraan yang digunakan dqlam penelitian ini yakni; 1) Tujuan dari perspektif pemerintah, 2) Pembiayaan, dan 3) Jangka waktu. Hasil penelitian berdasarkan ketiga dimensi tersebut menunjukkan bahwa kemitraan antara pemerintah dan swasta dalam memberikan layanan administrasi kependudukan telah terlaksana dengan baik. Kemitraan ini mampu meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat dengan mudah, cepat dan gratis, yang pada gilirannya dapat memberikan kepuasan kepada para pemohon administrasi kependudukan. Selain itu, kerjasama pemerintah dengan pihak swasta seperti KurirKU dapat membantu dalam efisiensi proses, peningkatan penggunaan teknologi, dan peningkatan aksesibilitas layanan.
References
Dewi, M. P., & Tuswoyo. (2020). Mewujudkan Kemitraan Publik-Swasta dalam Pemberian Layanan Pendidikan di Kota Tasikmalaya. Jurnal Reformasi Administrasi, 7(1), 50–55. http://ojs.stiami.ac.id
Ershanty, D., Utoyo S, B., & Ma’arif, S. (2020). Kemitraan Dinas Sosial Provinsi lampung dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Amanah Bunda dalam Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas. Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 2(2), 185–199.
Fatmawati. (2011). Kemitraan Dalam Pelayanan Publik : Sebuah Penjelajahan Teoritik. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 91–101. https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.23
Indahsari, N. D., Subianto, A., & Tamrin, M. H. (2022). Kemitraan Stakeholders dalam Pengelolaan Jalur Wisata Heritage Trainz Loko Tour Cepu di Kabupaten Blora. Reformasi, 12(Desember), 303–316. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/article/view/3968
Isril, Febrina, R., & Harirah MS, Z. (2018). Kemitraan Pemerintah dan Swasta dalam kebijakan pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 17(29), 56–68.
Khasana, D. U. (2019). Pola Kemitraan Pemerintah Daerah dengan Kelompok Sadar Wisata Pandawa Dieng Kulon dalam Pengembangan Pariwisata. Journal of Politic and Government Studies, 8(04), 341–350. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/download/25063/22315
Kurdi, M. (2020). Menggagas Pelayanan Prima di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 7(04), 4–9. https://juliwi.com/published/E0704/jlw0704_4-9.pdf
Maryam, N. S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikas, VI(1). http://jipsi.fisip.unikom.ac.id/jurnal/mewujudkan-good-governance.40
Melyanti, I. M. (2014). Pola Kemitraan Pemerintah, Civil Society, dan Swasta dalam Program Bank Sampah di Pasar Baru Kota Probolinggo. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 2(1). http://journal.unair.ac.id/filerPDF/kmpe0736a7a4efull.pdf
Mirnasari, R. M. (2013). Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 71–84. https://www.academia.edu/download/59150458/120190506-48839-jsz9ze.pdf
Mubasari, R. A., & Martini, R. (2021). Kemitraan Pemerintah Kota Semarang dengan PT. Gojek Indonesia Sebagai Penyedia Layanan Go-Pay Untuk Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 10(2), 54–66. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/30170
Mustafa, A. T. (2017). Kemitraan dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: Calpulis.
Nahruddin, Z. (2016). Kemitraan Publik-Privat dalam Pengelolaan Sampah di TPA Tamangapa Kota Makassar. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 9(1), 11–20.
Patria, Y., Mustakim, S., & Ahiruddin. (2018). Kemitraan Antara Public-Swasta: Perspektif Tujuan, Publik Dan Tata Kelola Pemerintahan. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 65–83. https://jurnal.saburai.id/index.php/spl/article/view/319
Satibi, I. (2023). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Lemlit Unpas Press. http://repository.unpas.ac.id/64367/
Zahari, A. F. M., Septiana, A. R., & Fait, T. (2021). Pelayanan KTP Elektronik di Masa Pandemi Covid-19 Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Baubau. Journal Publicuho, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.35817/jpu.v4i1.16081
Copyright (c) 2023 ningsih20
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License