Strategi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata dalam Pengembangan Objek Wisata Candi Sipamutung di Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara

  • Nur Insan Mendrofa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Weni Puji Hastuti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Tourism Object, Strategi, Pengembangan, Objek Wisata

Abstract

Candi Sipamutung berada di Desa Siparau Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas yang dikelilingi oleh rangkain bukitan rendah disekitar pinggir sungai Barumun. Popularitas Candi Sipamutung yang menjadi pelengkap cagar budaya dan keindahan alam bumi Padang Lawas itu kian tertinggal dari Candi yang lainnya karena pesona candi Sipamutung mulai terkikis karena pemerintah gagal melindungi infrastruktur transportasi ke titik budaya ini dari pembangunannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata dalam pengembangan objek wisata Candi Sipamutung di Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara serta faktor pendukung dan penghambatnya. Untuk mengembangkan objek wisata Candi Sipamutung terdapat beberapa stackholder yang berperan Pemerintah, swasta, pihak pengelola. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data dan informasi diperoleh dari data primer dan data sekunder melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan jika Objek wisata Candi Sipamutung berpotensi untuk dikembangkan dengan menciptakan strategi dengan meminimalisir kelemahan (Weaknesses) serta memanfaatkan peluang (Opportunities) yang ada. Strategi pengembangan objek wisata Candi Sipamutung yaitu meningkatkan semua potensi yang ada pada objek wisata dengan memperbaiki infrastruktur serta memperbaiki akses jalan dan membangun jembatan yang bisa dilalui mobil, memperbaiki dan menambah fasilitas penunjang seperti membangun toilet umum, musholla, membangun gazebo untuk istirahat. 

References

Fahmi, I. (2017). Manajemen Strategi Teori dan Aplikasi. Bandung: Penerbit Alfabet.
Maryani, E. (2019). Geografi Pariwisata. Ombak.
Pradana G, Y. K. (2019). Sosiologi Pariwisata. STPBI PRESS.
Pramusita, & Sarinastiti. (2017). Aspek Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal Dalam Pengelolaan Pantai Trisik, Kulon Progo. jurnal pariwisata terapan, 13-25.
Prandyana. (2022). Pengembangan Pariwisata Konservasi Savana Propo, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Utama.
Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Saputra, M., & Rodhiyah, R. (2016). Strategi Pengembangan Wisata Di Kawasan Gunung Andong Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mix Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.
Published
2023-06-27