Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Mobile Cegah Stunting (Ayo Ceting) di Puskesmas Andalas Kota Padang
Abstract
Inovasi berbasis mobile cegah stunting Ayo Ceting di Puskesmas Andalas meraih prestasi berupa Top 99 Nasional SINOVIK Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 dan direplikasi di seluruh Puskesmas di Kota Padang. Puskesmas Andalas menciptakan inovasi pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mengurangi kasus stunting di wilayah kerja Puskesmas Andalas melalui inovasi cegah stunting (Ayo Ceting) yang dikelola oleh Puskesmas Andalas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi proses pelaksanaan inovasi Ayo Ceting di Puskesmas Andalas. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik penelitian yang dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan inovasi pelayanan kesehatan berbasis mobile cegah stunting secara umum belum optimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi menurut Arundel dkk cukup terpenuhi namun belum optimal, hal ini dikarenakan masih terdapat kendala dalam pelaksanaan nya yaitu berkaitan dengan sosialisasi yang masih belum maksimal, alokasi dana yang tidak cukup, penurunan stunting yang tidak signifikan dan aplikasi yang kadang mengalami error. Dan untuk memaksimalkan pelaksanaan inovasi, Puskesmas Andalas perlu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang dan pemerintah untuk mengalokasikan dana khusus guna pelaksanaan inovasi demi adanya penurunan stunting yang signifikan serta aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang dapat melalui media lainnya.
References
Arundel, Anthony dkk. 2019. Advancing Innovation in the Public Sector: Aligning Innovation Measurement with Policy Goals. Journal Elsevier, Reasearch Policy 48, 789-798
Eprilianto, Deby F. 2022. Inovasi Digital dalam Sektor Publik: Studi Deskriptif Tentang Value Added Inovasi Pelayanan Kesehatan. Jurnal El-Riyasah.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu. Yogyakarta
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2020. TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books. Solo.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 tahun 2017 tentang Strategi E-Kesehatan Nasional.
Peraturan Presiden Nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024.
Pongtiku, dkk. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Saja. Nulisbuku. Jayapura.
Rencana Aksi Program kesehatan Masyarakat Tahun 2020-2025. 2020. Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. Kementerian Kesehatan Indonesia.
Siyoto, Sandu dan Ali S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. Yogyakarta.
Thenint, Hugo LL & A. 2010. Mini Study 10 Innovation in The Publik Sector. Manchester. Global Review of Inovation Inteligence and Policy Studies. Inno Gripe.
Triwahyuni, M., Putera, R.E, & Rahayu, W. 2020. Inovasi Pelayanan Kesehatan Kelas IMUD di Puskesmas Padang Pasir Kecamatan Padang Barat Kota Padang Sumatera Barat. Jurnal Public Policy, 6(1), 13-18.
United Nation Foundation and Vodafone Foundation. 2009. M-Health for Development. The Opportunity of Mobile Technology for Health Care in the Developing World.
Widodo, Tri. 2017. Inovasi Harga Mati. Rajawali Pers. Jakarta.
Yuliana, W., Putera, R. E., & Yoserizal, Y. 2020. Inovasi Pelayanan Kesehatan Public Safety Center 119 (Psc 119) Smash Care’s Di Kota Solok. JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 8(1), 265-271.
Copyright (c) 2023 Armilita Yulistivira, Ria Ariany, Roni Ekha Putera

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License